Upacara Sumpah Pemuda Tetap Khidmat di Tengah Pandemi, Begini Pesan Menpora

Rabu, 28 Oktober 2020 – 15:55 WIB
Logo Sumpah Pemuda 2020. Foto: Kemenpora RI.

jpnn.com, JAKARTA - Pelaksanaan upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-92, pada Rabu (28/10) tetap berlangsung khidmat meskipun berlangsung di tengah pandemi Covid-19.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainuddin Amali pun berpesan kepada pemuda Indonesia untuk lebih kreatif, inovatif, mandiri, berdaya saing dan berjiwa kewirausahaan dalam menghadapi bonus demografi. Dia optimistis, generasi muda Indonesia bisa mengembangkan potensi yang dimiliki untuk pembangunan bangsa dan negara.

BACA JUGA: Hari Sumpah Pemuda 2020: Menpora Kedepankan Semangat Bersatu dan Bangkit

"Kami berpandangan membangun pemuda sekarang sama halnya mempersiapkan dan membangun bangsa ke depan," ucap Menpora Zainudin dalam diskusi menyambut Hari Sumpah Pemuda, Rabu.

Salah satu yang membedakan pelaksanaan HSP 2020 dengan tahun sebelumnya adalah tidak dilangsungkannya upacara terbuka menyesuaikan situasi kondisi pandemi yang sedang melanda Indonesia.

BACA JUGA: Ganjar Pranowo Diadang Eks Napi Terorisme Jelang Upacara Sumpah Pemuda, Langsung Hormat

Namun demikian, situasi tersebut nyatanya tidak menjadi penghalang untuk tetap memperingati momentum penting persatuan pemuda Indonesia, serta menggelorakan semangat kebersamaan dan optimisme.

Ketua Panitia Nasional HSP 2020 Asrorun Ni’am Sholeh mengatakan kegiatan peringatan Sumpah Pemuda ke-92 yang puncaknya hari ini digelar secara daring, dan dihadiri oleh Kementerian Lembaga dan Pemerintah Provinsi se-Indonesia.

BACA JUGA: Presiden Jokowi Harap Semangat Sumpah Pemuda Terus Menyala

Sepanjang bulan Oktober yang juga dikenal sebagai Bulan Pemuda, berbagai kegiatan pengembangan kepemudaan terus dilaksanakan dengan tetap mengikut standar protokol Covid-19.

Kemenpora juga tetap melakukan aktivitas penjaringan dan seleksi putra-putri terbaik Indonesia untuk memperoleh apresiasi di Hari Sumpah Pemuda ke-92.

“Hari ini secara khidmat kita merayakan Hari Sumpah Pemuda yang ke 92, dan seperti tahun-tahun sebelumnya, walaupun di tengah pandemi Covid-19," katanya di sela-sela persiapan kegiatan peringatan Sumpah Pemuda yang juga disiarkan langsung oleh stasiun TV Nasional.

Dia juga peringatan Hari Sumpah Pemuda tetap akan bertabur bintang pemuda-pemudi berprestasi Indonesia. Antara lain di bidang Kewirausahaan, Kepeloporan Pemuda, Kepemimpinan Pemuda, Juara Essai Gagasan Pemuda Bangkit Melawan Covid, Pemuda Berprestasi Internasional, dan Pemuda Difabel Berprestasi.

Sejumlah acara untuk meramaikan peringatan Hari Sumpah Pemuda 2020 tetap digelar dengan memperhatikan protokol kesehatan. Pelatihan kewirausahaan, diskusi dan berbagai pelatihan yang melibatkan pemuda dilakukan secara daring.
Demikian pula dengan pelaksanaan penganugerahan penghargaan bagi pemuda berprestasi dilakukan dengan protokol kesehatan.

Hal itu tercermin saat pemberian penghargaan di mana pejabat yang memberikan penghargaan kepada pemuda tidak melakukan kontak fisik. Kemudian menggunakan masker sepanjang acara berlangsung.

Kemenpora RI mengharapkan pemuda Indonesia untuk tampil menjadi bagian yang membangun optimisme masyarakat dan juga menjadi teladan bagi masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan. Ini sejalan dengan tema besar peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-92 yaitu Bersatu dan Bangkit.(*/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler