Bertambah, Korban Meninggal Akibat Gempa Malang Jadi Enam Orang

Sabtu, 10 April 2021 – 21:41 WIB
BNPB mencatat total warga meninggal dunia berjumlah enam orang dan satu lainnya mengalami luka berat akibat gempa Malang. Foto: Foto dok for jpnn

jpnn.com, SURABAYA - Gempa berkekuatan 6,1 SR di Kabupaten Malang berdampak pada jatuhnya korban jiwa dan kerusakan bangunan. 

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BNPB) Dr. Raditya Jati menyebut dari Data pukul 18.00 WIB total warga meninggal dunia berjumlah enam orang dan satu lainnya mengalami luka berat. 

"Rinciannnya tiga orang meninggal dunia di Kabupaten Lumajang, sedangkan masing-masing dua warga meninggal di antara wilayah Lumajang dan satu di Kabupaten Malang," ujar dia secara tertulis, Sabtu (10/4). 

Sementara itu, BPBD Kabupaten Lumajang mencatat ada titik pengungsian di Desa Kali Uling, Kecamatan Tempur Sari. Jumlah warga mengungsi masih dalam pendataan. 

"Di Kabupaten Malang, Blitar, Trenggalek dan Tulungagung belum ada laporan warga yang mengungsi," jelas dia. 

Terkait dengan kerusakan, BPBD menjelaskan, beberapa wilayah masih terus melakukan pendataan. Informasi sementara, BPBD Kabupaten Tulungagung menyebutkan, kerusakan rumah rata-rata pada tingkat ringan. 

Di wilayah Kabupaten Trenggalek dan Kota Malang, kerusakan rumah pada kategori rusak ringan hingga sedang. 

"Di Kabupaten Lumajang, Malang dan Blitar, tingkat kerusakan rata-rata ringan hingga berat," imbuh dia. 

Raditya menambahkan, BNPB terus memutakhirkan data berdasarkan kaji cepat dari BPBD di wilayah Provinsi Jawa Timur. Pada saat berita diturunkan, petugas di lapangan masih terus melakukan  penilaian dampak dan kebutuhan pasca-gempa. 

"BNPB terus berkoordinasi dan memantau kondisi di lokasi bencana dengan berkoordinasi dengan BPBD di wilayah Provinsi Jawa Timur," pungkas Raditya. (mcr12/jpnn) 

BACA JUGA: Gempa Malang, BMKG: Ada Gempa Susulan, Warga Diimbau Tetap Tenang


Redaktur & Reporter : Arry Saputra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Gempa Malang   lindu   Jatim   Gempa Bumi   BPBD  

Terpopuler