Update Corona 10 April: 219 Kasus Baru Corona Ditemukan di 17 Provinsi

Jumat, 10 April 2020 – 16:12 WIB
Ilustrasi - Covid-19 (Corona virus disease 2019). Foto: Antara/Dian Hadiyatna/HO

jpnn.com, JAKARTA - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto menyebut pihaknya kembali menemukan kasus baru pasien corona sebanyak 219, per data Kamis (9/4) pukul 12.00 WIB. Secara total, kasus corona di Indonesia sudah mencapai 3.512.

"Terdapat penambahan kasus baru sebanyak 219 sehingga jumlah menjadi kasus 3.512," kata Yuri dalam keterangan resminya di Gedung BNPB, Jakarta Timur, Kamis.

BACA JUGA: Update Corona 10 April 2020, Pak Yuri Sampaikan Kabar Buruk

Mengacu data nasional, kasus baru Corona tersebar di 17 provinsi Indonesia. Paling banyak ditemukan di DKI Jakarta yakni 47 kasus baru.

Selain DKI, pasien baru corona juga ditemukan di Bali (12 kasus), Banten (25 kasus), Jawa Barat (12 kasus), Jawa Timur (33 kasus), Kalimantan Timur (3 kasus), dan Kalimantan Tengah (4 kasus).

BACA JUGA: Pesan Jokowi untuk Masyarakat dalam Menghadapi Pagebluk Corona

Selanjutnya, pasien baru corona juga ditemukan di Kalimantan Selatan (7 kasus), Nusa Tenggara Barat (9 kasus), Sumatra Selatan (4 kasus), Sumatera Barat (13 kasus), dan Sulawesi Utara (5 kasus).

Pasien baru juga ditemukan di dan Sulawesi Selatan (29 kasus), Sulawesi Tengah (5 kasus), Lampung (5 kasus), Sulawesi Barat (1 kasus), dan Gorontalo (1 kasus).

BACA JUGA: Ini Aturan Kerja PNS Selama PSBB

Atas penambahan kasus baru itu, Yuri berharap masyarakat bisa menekan penularan. Misalnya, masyarakat bisa mematuhi imbauan pemerintah untuk menjaga jarak, tetap di rumah, dan rajin mencuci tangan dengan sabun.

"Kami menyadari betul, proses penularan harus dihentikan dengan menjaga jarak, menggunakan makser, tidak perlu keluar rumah jika tidak mendesak, mengurangi risiko terpapar dengan tidak keluar rumah ke mana pun. Dengan begitu, bisa mempercepat supaya bisa pulih seperti sediakala," kata Yuri.

Selain menemukan kasus baru, pemerintah turut mencatat pasien sembuh corona per Jumat ini yakni sebanyak 30 orang. Total pasien sembuh sudah mencapai 282.

"Terdapat 30 pasien yang sudah sembuh sehingga total menjadi 282," ucap dia.

Adapun, pasien sembuh ini tersebar di enam provinsi Indonesia. Yakni Bali (1 pasien), Jawa Timur (13 pasien), Kalimantan Tengah (1 pasien), Sumatra Barat (6 pasien), Sumatra Utara (8 pasien), dan Sulawesi Selatan (1 pasien).

Lebih lanjut, ungkap Yuri, pemerintah turut menemukan sebanyak 26 pasien meninggal corona per Jumat ini. Total pasien meninggal karena corona sudah sebanyak 306 orang.

DKI Jakarta menjadi provinsi terbanyak ditemukan pasien meninggal yakni 12 orang. Selanjutnya, pasien meninggal corona juga ditemukan di Jawa Timur (5 orang), Sumatra Barat (3 orang), Sulawesi Selatan (3 orang), Banten (1 orang), Kalimantan Tengah (1 orang), dan Sulawesi Utara (1 orang). (mg10/jpnn)


Redaktur & Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler