Update Terkini Harga Minyak Goreng Hari Ini

Rabu, 19 Januari 2022 – 13:11 WIB
Dipantau dari hargapangan.id harga minyak goreng hari ini belum mengalami penurunan. Foto: Wenti Ayu Apsari/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah menetapkan kebijakan satu harga minyak goreng untuk jenis kemasan Rp 14 ribu per liter yang dimulai pada 19 Januari 2022 pukul 00.01 WIB.

Dipantau dari hargapangan.id harga minyak belum mengalami penurunan.

BACA JUGA: Begini Penampakan Minyak Goreng Rp 14 Ribu Per Liter

Rerata harga minyak goreng hari ini berada di kisaran Rp 18.800 per kilogram untuk jenis curah.

Harga minyak goreng kemasan bermerek satu Rp 21.150 per kilogram, kemasan bermerek dua Rp 20.550 per kilogram.

BACA JUGA: Jangan Panic Buying Bun! Minyak Goreng Rp 14 Ribu Besok Tersedia di Supermarket

Menurut hargapangan.id, harga minyak goreng curah tertinggi di Maluku Utara yakni Rp 22.250 per kilogram. Harga itu bertahan dari 13 Januari hingga saat ini.

Di sisi lain, minyak goreng Rp 14 ribu per kilogram mulai digelontorkan pemerintah hari ini.

BACA JUGA: Mau Beli Minyak Goreng Rp 14 ribu Per Liter? Ke Sini Saja Bun

Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi mengatakan kebijakan minyak goreng satu harga merupakan upaya lanjutan pemerintah untuk menjamin ketersediaan minyak goreng dengan harga terjangkau.

Mendag mengimbau melalui kebijakan ini seluruh minyak goreng baik kemasan premium maupun kemasan sederhana akan dijual dengan harga setara, yakni Rp 14 ribu per liter.

Menurutnya, pada awal pelaksanaan, penyediaan minyak goreng dengan satu harga akan dilakukan melalui ritel modern yang menjadi anggota Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo), dan untuk pasar tradisional diberikan waktu satu minggu untuk melakukan penyesuaian.

Ritel modern akan menyediakan minyak goreng dengan harga Rp 14 ribu per liter yang dimulai pada hari Rabu, 19 Januari 2022, pukul 00.01 waktu setempat. "Diharapkan masyarakat tidak memborong (panic buying) karena stok minyak goreng dalam jumlah yang sangat cukup,” tambah Mendag.

Branch Corporate Communication PT Sumber Alfaria Trijaya Palembang Rendra Satria mengatakan pihaknya sudah menyuplai minyak goreng kemasan dengan merek MM dan Kompas ke toko-toko yang berada di bawah jaringan Alfamart dengan harga Rp 14 ribu per liter.

“Bisa dikatakan hari ini semua toko Alfamart sudah jual minyak goreng untuk seluruh merek Rp 14 ribu per liter. Mengenai harga di Gomart itu, kami sedang memperbarui sistem karena kebijakan ini baru dimulai hari ini,” kata Rendy. (mcr10/jpnn)


Redaktur & Reporter : Elvi Robia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler