Usir Bau Badan Membandel dengan 4 Cara Mudah Ini

Senin, 28 Januari 2019 – 22:30 WIB
Ilustrasi bau badan tak sedap. Foto: gqindia

jpnn.com - Bau badan membandel memang membuat kepercayaan diri hilang. Meskipun sudah mandi dan menggunakan parfum, seringkali bau badan tak kunjung pergi.

Bau badan ternyata tak selalu disebabkan oleh keringat atau karena tidak mandi. Tetapi juga bisa bersumber dari apa yang dipakai.

BACA JUGA: Pasangan Bermasalah dengan Bau Badan? Begini Solusinya

Dilansir dari laman Men's Healtd, ada empat kiat yang bisa mengusir bau badan. Apa saja sih? 

1. Pakai bahan yang menyerap keringat

BACA JUGA: Punya Masalah Bau Badan? Anda Wajib Santap Makanan Ini

Untuk mengurangi keringat kita harus mengenakan pakaian yang tepat. Baju dengan bahan yang menyerap keringat dan cepat kering seperti nilon disarankan untuk digunakan. Selain itu poliester juga memiliki banyak kualitas yang sama seperti nilon. Pastikan untuk segera mencucinya apalagi ketika baru saja selesai olahraga, mengingat poliester lebih mudah mengakumulasi bakteri.

Sementara untuk pemakaian sehari-hari, pilihan yang terbaik adalah katun yang ringan. Katun ringan sangat mudah bernapas dan membantu mengeringkan kelembapan.

BACA JUGA: Yuni Shara Usir Bau Badan dengan Ramuan Alami Ini

2. Menyemprotkan Antiperspiran

Disarankan untuk mengenakan antiperspiran dibandingkan deodoran. Sebab deodoran hanya mengurangi bakteri penyebab bau dan tidak mengurangi keringat. Aplikasikan di pagi hari dan sekali sebelum tidur untuk menyumbat kelenjar keringat saat tidur.

3. Fokus pada Empat Bagian Tubuh

Fokuslah pada empat bagian tubuh yang paling aktif menyebabkan bau seperti ketiak, pangkal paha, kaki, dan kulit kepala. Dua yang pertama ketiak dan pangkal paha menampung sebagian besar kelenjar apokrin tubuh. Kelenjar ini menyumbang sebagian besar keringat berbau di tubuh dan aktif selama masa pubertas. Baunya dapat diminimalkan dengan mandi setiap hari dan sesegera mungkin ketika keringat sudah mulai banyak.

Gunakan juga sabun khusus antibau yang membunuh bakteri dan menyegarkan serta jangan lupa untuk mencuci kaki setiap hari. Kaki merupakan sumber bau apalagi ketika berada di dalam kaus kaki dan sepatu (tempat lembap) karena jamur dan bakteri dan bersarang di tempat itu. Ancaman bau kaki dapat diminimalkan dengan krim kaki dan bedak.

Di bagian kepala, ketombe juga dapat menyebabkan bau tambahan. Semua kulit mati yang mulai membusuk di kulit kepala menjadi sumbernya. Gunakan sampo antiketombe dan produk khusus rambut yang lembut untuk mengatasi masalah ini.

4. Cukur Rambut Tubuh

Menyingkirkan rambut ekstra dapat membantu meminimalkan keringat terutama di ketiak dan selangkangan. Area-area ini dapat tetap lembap sepanjang hari. Selain itu, mengenakan pakaian yang lebih longgar untuk membantu mengurangi keringat yang terperangkap. (jpc/jpnn)


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler