Usung Caleg Karbitan, Parpol Rugi Sendiri

Jumat, 03 Mei 2013 – 17:45 WIB
JAKARTA - Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU), Ferry Kurnia Rizkiyansyah menilai kaderisasi sangat penting bagi seorang calon anggota legislatif (caleg). Menurutnya, caleg yang tidak melalui proses kaderisasi alias karbitan, justru akan menyulitkan partai.

"Caleg karbitan memiliki risiko tinggi karena belum tentu punya komitmen ideologis partainya," kata Ferry dalam acara diskusi di Media Center KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Jumat (3/5).

Tidak adanya kedekatan ideologis ini, lanjut Ferry, membuat caleg karbitan memiliki loyalitas rendah. Mereka hanya bekerja untuk partai demi keuntungan pribadi. Akibatnya, ketika situasi di internal partai tidak lagi menguntungkan, para caleg karbitan dapat dengan mudahnya meninggalkan partai.

Ferry menambahkan, hal ini berbeda dengan caleg yang merupakan kader ideologis. Kader ideologis akan selalu bertahan dalam situasi apapun dan berusaha menyelamatkan partainya ketika ada masalah.

"Dia akan memberi kontribusi bahkan saat tidak lagi diberi posisi strategis. Sebab dia meyakini partai merupakan salah satu institusi politik yang memperkuat fondasi demokrasi," paparnya. (dil/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Jadi Caleg Bukan Karena Pencari Kerja

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler