Van Dijk Harus Absen, Jajang Risau

Selasa, 02 Juli 2013 – 05:16 WIB
JAKARTA - Saat Persib Bandung harus kehilangan pemain, tidak ada yang paling dikhawatirkan seperti saat absennya Sergio van Dijk. Saat melawan Mitra Kukar, striker berkepala plontos yang sudah mengoleksi 19 gol ini harus absen karena akumulasi kartu kuning.

Van Dijk menerima kartu kuning ke-3 musim ini saat menghadapi Persisam Samarinda, Minggu (30/6). Ketidakhadiran Sergio untuk pertama kalinya itu mendapat respon beragam dari berbagai pihak.
 
Idealnya tidak ada yang perlu dikhawatirkan atas absennya Sergio. Pasalnya, nama-nama seperti Hilton Moriera, Kenji Adachihara, atau Airlangga bisa menjadi jaminan untuk mencetak gol. Apalagi, Persib mempunyai forward winger yang juga cukup produktif, M Ridwan.
 
”Kita akan segera mengkombinasikan kondisi tim dengan latihan. Jika memang ada pemain yang absen, maka kita harus mempersiapkan pemain lainnya,” jelas Jajang Nurjaman, pelatih Persb kepada wartawan Senin (1/7).

Penampilan Van Dijk  memang layak dicintai, setidaknya untuk saat ini. Betapa tidak, mantan pemain Adelaide United ini mampu mendongkrak produktivitas gol Persib musim ini. Jika di 4 pertandingan awal, saat tidak diperkuat Van Dijk, Persib mampu mencetak 7 gol di 4 pertandingannya (rata-rata mencetak 1,75 gol per pertandingan), maka setelahnya, Van Dijk membawa Persib bisa mencetak 55 gol dari 22 pertandingan, dengan rata-rata 2,5 gol per pertandingan.

Sesuai manual liga, Sergio dihukum larangan tampil untuk satu laga jika mendapatkan tiga kartu kuning. Jika merujuk jadwal, hukuman itu akan berlaku saat Persib menjamu Mitra Kukar di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu (9/7).

Namun, Persib tampaknya sudah siap tanpa Sergio. Pelatih Jadjang masih memiliki pemain andalan dalam diri Kenji Adachihara. Dalam dua laga terakhir, Kenji selalu mencetak gol mesti diturunkan dari bangku cadangan.

“Kenji tidak terlalu jauh berbeda kemampuan dan kualitasnya dengan Hilton (Moreira) dan Sergio (van Dijk). Saya tidak kaget dia cetak gol karena dia pemain berkualitas,” kata Jajang. ”Tapi, kita harus siap dengan keadaan pun dalam tim,”jelas mantan asisten pelatih Pelita Jaya. (lis)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tim Junior Kejar Satu Gelar di Malaysia

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler