Van Gaal Ingatkan Guardiola soal Kendala Bahasa

Rabu, 26 Juni 2013 – 17:41 WIB
Louis van Gaal. Foto: Telegraph
MUENCHEN - Memiliki kemampuan dan prestasi hebat saat menukangi Barcelona bukan jaminan bagi Pep Guardiola bakal sukses di Bayern Muenchen. Bahkan, berbagai hal bisa menjadi penyebab kegagalan Guardiola di Muenchen.

Mantan pelatih Muenchen, Louis Van Gaal, mengatakan, Guardiola akan mendapatkan banyak tantangan selama di Jerman. Salah satunya ialah kendala bahasa. Menurut Van Gaal, kendala bahasa adalah hal yang bisa menyebabkan beberapa friksi.

“Bahasa adalah hal yang sangat krusial untuk Guardiola. Jerman adalah bahasa yang sangat sulit untuk orang Spanyol. Sama seperti bahasa Spanyol untuk orang Belanda,” terang pelatih asal Belanda itu seperti dilansir koran Algeemen Dagblad, Rabu (26/5).

Pria yang kini menukangi Timnas Belanda itu membandingkan dengan yang dialaminya ketika menukangi Barcelona. Saat itu, Van Gaal juga mengalami kesulitan untuk berkomunikasi dengan para penggawa Barcelona.

“Saya bandingkan spelling (ejaan, red) Guardiola dengan saya ketika di Barcelona. Hal pertama yang saya katakan di awal melatih Barcelona adalah meminta pemain untuk mengoreksi kalau saya salah ucap,” tambahnya.

Namun, Van Gaal mengharapkan Guardiola agar tak khawatir dengan kinerjanya. Sebab selain bakal belajar, Guardiola juga akan dikelilingi orang-orang yang siap membantunya untuk cepat menguasai bahasa Jerman.

“Orang-orang di sekeliling akan membantunya. Jadi, dia akan cepat beradaptasi dengan tim. Pemain Jerman selalu memiliki keinginan untuk membantu tim. Jadi itu akan sangat membantunya,” tegas Van Gaal. (jos/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Komdis PSSI Mulai Garap Kasus Perusakan Bus Persib

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler