Versi Pak Jokowi, Tema Rakernas IV PDIP Relevan Terhadap Situasi Global

Sabtu, 30 September 2023 – 04:00 WIB
Presiden Jokowi di Rakernas IV PDIP. Foto: tangkapan video

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan tema Rakernas IV PDI Perjuangan sangat relevan terhadap isu geopolitik, karena ke depan ada potensi krisis pangan akibat perubahan iklim dunia.

Dia mengatakan itu saat berpidato dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IV PDIP di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Jumat (29/9).

BACA JUGA: Ganjar Mengakui Jokowi sebagai Mentor Politik yang Memberi Banyak Pelajaran

"Ini menyangkut ancaman perubahan iklim, nyata, dan sangat kita rasakan dalam kehidupan kita sehari-hari saat ini," kata Jokowi dalam pidatonya, Jumat.

Kepala negara mengatakan perubahan iklim memang membawa dampak pada perubahan kenaikan suhu bumi.

BACA JUGA: Ganjar Ungkap Isi Bisikan Jokowi di Rakernas PDIP, Pesannya Sangat Penting

Ujungnya, kata dia, ada potensi kekeringan terjadi di berbagai negara menyusul kemarau panjang dan mempengaruhi pasokan pangan. 

Indonesia, kata Jokowi, sebenarnya punya visi dan rencana ke depan memitigasi kemarau panjang yang mengakibatkan kesulitan pangan.

BACA JUGA: Tepis Anggapan Netizen, Najwa Shihab Tidak Tersinggung Ucapan Ganjar

"Lima sampai sepuluh tahun ke depan visi taktis itu harus kita miliki, plan yang detail, rencana yang detail, sehingga jelas berapa waktu yang harus disiapkan. Berapa embung yang kita harus siapkan, berapa kilometer irigasi yang harus disiapkan, dan kapan itu harus bisa diselesaikan," lanjut Jokowi.

Dia mengatakan perubahan iklim menandakan isu pangan sangat penting seperti yang pernah diungkapkan Proklamator RI Soekarno atau Bung Karno.

“Artinya sekali lagi, pangan menjadi kunci, seperti disampaikan Bung Karno, pangan merupakan mati hidupnya suatu bangsa. Itu betul sekali," ungkap Jokowi.

Sebelumnya, Rakernas IV PDIP berlangsung selama tiga hari mulai 29 September sampai 1 Oktober 2023 di JiExpo Kemayoran, Jakarta.

Adapun tema Rakernas IV PDIP bertajuk Kedaulatan Pangan untuk Kesejahteraan Rakyat Indonesia dengan subtema Pangan Sebagai Lambang Supremasi Kepemimpinan Indonesia Bagi Dunia. (ast/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kronologi Kecelakaan Mengerikan di Exit Tol Bawen yang Menewaskan 4 Orang


Redaktur : Rah Mahatma Sakti
Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler