Vina Muliana Kerap Bagikan Konten Edukatif di TikTok

Sabtu, 11 November 2023 – 03:14 WIB
Vina Muliana. Foto dok pribadi

jpnn.com, JAKARTA - Vina Muliana aktif membagikan konten tentang tips berkarier. Salah satunya tips tentang menulis curriculum vitae (CV) atau daftar riwayat hidup yang tepat dan berbagai kiat untuk menghadapi wawancara kerja.

Vina membuat konten-konten edukatif seputar karier tersebut berdasarkan pengalaman dirinya bekerja sebagai HR Senior Associate di salah satu badan usaha milik negara (BUMN).

BACA JUGA: Bintang Emon Aktif Bikin Konten Komedi Satire di Medsos, Isu Pilpres Tak Terlewat

Kisah Vina aktif membagikan konten edukasi seputar karier bermula dari pandemi Covid-19, di mana pada 2021 banyak orang yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK).

Selain itu, ada banyak lulusan baru yang kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan karena kondisi ekonomi melemah saat pandemi.

BACA JUGA: Ini Alasan Virgoun Tidak Setuju Ibunda Nikah dengan Jordan Ali

"Saat pandemi 2021 saya mengunduh aplikasi TikTok. Ternyata video pertama yang saya lihat itu adalah seseorang sedang menangis karena baru dipecat dari pekerjaan. Kemudian ada banyak video lain yang memperlihatkan bagaimana susahnya mendapatkan pekerjaan terutama saat pandemi," ujar Vina.

Wanita yang pernah menjadi pemenang Abang None Jakarta 2014 ini mengakui melamar pekerjaan bukan sesuatu yang mudah, apalagi di kondisi pandemi.

BACA JUGA: Cinta Aku Bisa Apa, Persembahan Terbaru dari Mawar de Jongh

Dia juga memiliki pengalaman sulit untuk mendapat pekerjaan saat baru lulus kuliah.

Oleh karena itu, Vina merasa terpanggil untuk membantu orang-orang yang habis terkena PHK untuk bangkit kembali guna mendapatkan pekerjaan.

“Dengan pengalaman pribadi saya ini, saya berharap bisa memberdayakan orang-orang yang terkena dampak dan para pencari kerja pemula untuk bangkit dan menemukan pekerjaan baru. Tidak jarang, ada sejumlah orang yang berbagi pengalamannya bahwa mereka lulus wawancara pekerjaan berkat tips yang saya unggah di akun TikTok saya,” lanjut Vina.

Tak disangka, konten edukasi karier yang Vina buat ditonton oleh banyak orang dari seluruh Indonesia.

Banyak yang memberikan testimoni jika konten Vina mudah dipahami dan dipraktikkan.

Ada banyak pula testimoni orang-orang yang berhasil lolos seleksi kerja setelah mempraktikkan tips yang diberikan olehnya.

"Di bulan pertama saya di-follow oleh sebanyak 100 ribu orang. Kemudian dalam waktu empat bulan naik menjadi satu juta orang," tuturnya.

Sejak saat itu dia mendedikasikan diri untuk membagikan lebih banyak pengalaman seputar pengembangan diri dan karier melalui platform media sosial, khususnya TikTok.

Tak jarang dirinya bersedia mengoreksi CV pengikut di TikTok yang telah ditolak perusahaan.

"Saat ini sudah banyak content creator yang memberikan tips tentang karier di TikTok, tapi tidak ada yang spesifik membahas tentang karier di BUMN," sebutnya.

Dedikasi Vina diapresiasi bukan hanya oleh 7 juta pengikut di TikTok, tetapi juga beberapa entitas memberikan penghargaan kepadanya.

Beberapa penghargaan yang berhasil diperoleh seperti pemenang kategori Best of Learning and Education di TikTok Awards Indonesia 2021 dan masuk dalam daftar Forbes 30 Under 30 Tahun 2022.

"Saya sangat bahagia karena konten saya bisa diterima dengan baik oleh banyak orang di Indonesia. Saya bahagia karena konten tersebut bermanfaat untuk mereka," seru Vina.(chi/jpnn)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
TikTok   medsos   PHK   Konten   BUMN  

Terpopuler