Wabah Corona Mereda, Tiga Gubernur Sepakat Membuka Kembali Aktivitas Ekonomi

Selasa, 14 April 2020 – 13:11 WIB
Kota Los Angeles, California, sepi lantaran pemerintah setempat menerapkan lockdown untuk mencegah penyebaran virus corona. Foto: Reuters

jpnn.com, SACRAMENTO - Sejumlah negara bagian di wilayah Pesisir Barat Amerika Serikat (AS) mengumumkan kesepakatan untuk membuka kembali aktivitas perekonomian mereka dan mengendalikan wabah virus corona (COVID-19). Negara bagian tersebut yakni California, Oregon, dan Washington.

"COVID-19 telah menggerogoti keterhubungan kita. Dalam beberapa pekan mendatang, wilayah Pesisir Barat akan membalikkan keadaan terhadap COVID-19, dengan negara-negara bagian kami bertindak dalam koordinasi dan kolaborasi yang erat guna," ujar Gubernur Gavin Newsom, Kate Brown, dan Jay Inslee dalam pernyataan gabungan, Senin (13/4).

BACA JUGA: Perang Melawan Corona, IMF Beri Keringanan Utang kepada 25 Negara

"Kami mengumumkan bahwa California, Oregon, dan Washington sepakat bekerja sama dalam pendekatan gabungan untuk membuka kembali aktivitas perekonomian kami, pendekatan yang mengidentifikasi indikator-indikator jelas bagi warga untuk memulai kembali kehidupan bermasyarakat dan bisnis," tambah pernyataan tersebut.

Amerika Serikat masih jadi negara dengan jumlah kasus virus corona terbanyak di dunia (582.580). Namun, jumlah kematian dan kasus baru mulai bergerak menurun.

BACA JUGA: Anak Buah Anies Baswedan Persilakan Warga Pakai Duit Kas Masjid untuk Melawan Corona

Para gubernur itu mencatat bahwa sebagai rumah bagi satu dari enam warga AS dan pintu gerbang bagi seluruh dunia, wilayah Pesisir Barat punya kepentingan luar biasa besar dalam mengendalikan dan pada akhirnya mengalahkan COVID-19.

Mereka juga menekankan bahwa hasil dari kesehatan dan ilmu pengetahuanlah yang akan memandu keputusan mereka, bukan politik.

BACA JUGA: Update Corona 13 April 2020: Sebegini Jumlah Kasus di India setelah 20 Hari Lockdown

"Melalui tindakan yang cepat dan tegas, masing-masing negara bagian kami membuat kemajuan yang signifikan dalam melandaikan kurva dan memperlambat penyebaran COVID-19 di kalangan publik yang lebih luas," tutur para gubernur tersebut.

Mereka menambahkan, para pemimpin bidang kesehatan masyarakat akan berfokus pada tujuan yang akan vital dalam pengendalian virus tersebut ke depannya.

"COVID-19 tidak mengenal batas negara bagian ataupun negara. Dibutuhkan kerja sama dari setiap tingkat pemerintahan, serta gambaran lengkap tentang apa yang terjadi di lapangan," kata para gubernur tersebut.

"Pesisir Barat dipandu oleh ilmu pengetahuan. Kami mengeluarkan perintah tetap berada di rumah sejak dini demi menjaga agar masyarakat tetap sehat. Kami akan membuka aktivitas perekonomian kami kembali dengan prinsip panduan yang sama," cuit Newsom di akun Twitter-nya.

"Tidak ada panduan untuk mengatasi krisis yang belum pernah terjadi sebelumnya ini. Namun, ada kekuatan dalam bekerja bersama dengan negara-negara bagian tetangga kami di Pesisir Barat seiring rencana kami membuka kembali aktivitas perekonomian, dan alangkah baiknya mengoordinasikan metrik, praktik terbaik, dan proses kami," tulis Brown melalui Twitter.

Inslee, melalui platform media sosial yang sama, mengatakan Pesisir Barat lebih unggul daripada COVID-19 dan "Kami akan memastikan tetap seperti itu."

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa ketiga negara bagian akan bekerja sama dalam pendekatan gabungan guna membuka kembali aktivitas perekonomian mereka.

Sejauh ini, California, Oregon, dan Washington masing-masing mencatatkan lebih dari 22.000, 1.500, dan 10.000 kasus terkonfirmasi COVID-19. (xinhua/ant/dil/jpnn)


Redaktur & Reporter : Adil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler