Wahh…Ini Manfaat Bercinta yang Luar Biasa

Sabtu, 23 Juli 2016 – 13:15 WIB
ILUSTRASI. FOTO: Pixabay.com

jpnn.com - Hubungan suami istri (bercinta) tidak hanya sebagai pemenuhan kebutuhan biologis saja. Bercinta yang dilakukan antar suami istripun ternyata memiliki manfaat yang luar biasa.

Sayangnya, manfaat bercinta untuk kesehatan tubuh masih jarang diketahui oleh pasangan suami istri itu sendiri.

BACA JUGA: Ketahui Produk-produk Beracun di Rumah Anda

Jika Anda bersama pasangan melakukan aktivitas bercinta secara teratur dan aman, maka aktivitas ini bisa membuat tubuh Anda semakin sehat dan menurunkan resiko penyakit tertentu.

Berikut manfaat bagi kesehatan ketika Anda rutin berhubungan seksual, seperti dilansir laman Yourtango, Minggu (17/7).

BACA JUGA: Agar IQ Anak Lebih Tinggi, Ibu Hamil Disarankan Makan Makanan Ini

1. Menurunkan risiko penyakit jantung

Sebuah penelitian di New England Research Institute di Massachusetts melacak aktivitas seksual pria berusia 40 tahun hingga 70 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pria yang menikmati bercinta secara teratur (setidaknya dua kali seminggu) adalah 45 persen lebih rendah terkena serangan jantung daripada pria yang berhubungan seks sekali sebulan atau kurang.

BACA JUGA: Tips Bereskan Lemari Baju yang Berantakan

Para peneliti memperhitungkan faktor risiko lain, seperti usia, berat badan, tekanan darah dan kadar kolesterol. Sex menurunkan risiko serangan jantung dengan menyeimbangkan testosteron dan estrogen dalam darah.

Dalam studi lain, pria yang berhubungan seks setidaknya dua kali seminggu adalah setengah lebih mungkin untuk meninggal karena penyakit jantung dibandingkan pria yang jarang berhubungan seks.

2. Mengatur tekanan darah

Tekanan darah tinggi merupakan faktor risiko untuk penyakit arteri koroner, serangan jantung, penyakit ginjal dan stroke. Sebuah studi yang diterbitkan di Biological Psychology menemukan bahwa seks teratur dikaitkan dengan tekanan darah diastolik lebih rendah.

3. Melindungi Anda dari kanker payudara.

Studi telah menemukan bahwa meremas payudara, kegiatan yang umum dalam seks,  mampu meningkatkan kualitas sel payudara dan menurunkan risiko kanker payudara.

4. Menurunkan risiko terkena kanker prostat

The Journal of American Medical Association melaporkan bahwa frekuensi ejakulasi yang tinggi terkait dengan penurunan risiko total kanker prostat, terlepas dari bagaimana seorang pria mencapai klimaks, baik melalui hubungan seksual atau masturbasi.

Juga, sebuah studi di National Cancer Institute menunjukkan bahwa pria yang ejakulasi melalui hubungan seks atau masturbasi setidaknya lima kali seminggu jauh lebih kecil kemungkinannya untuk terkena kanker prostat.

5. Mendorong sistem kekebalan tubuh Anda

Para peneliti di Wilkes University, Pennsylvania menemukan bahwa melakukan seks sekali atau dua kali seminggu di musim dingin bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, bisa mengurangi kemungkinan terserang pilek dan flu dengan meningkatkan kadar imunoglobulin A atau IgA, yang mengikat organisme patologis menyerang tubuh. Kemudian mengaktifkan sistem kekebalan tubuh untuk menghancurkan organisme tersebut.

6. Pil tidur terbaik

Selama seks dan orgasme, oksitosin dilepaskan yang membantu mempromosikan relaksasi dan tidur nyenyak. Masturbasi untuk orgasme akan memiliki efek yang sama.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ternyata Selai Kacang Banyak Manfaatnya Lho..


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler