Wakil Ketua MPR Dukung Peningkatan Investasi untuk Membangun Pariwisata Berkelanjutan

Sabtu, 08 Juni 2024 – 06:53 WIB
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat mendukung peningkatan investasi yang mampu mewujudkan pembangunan pariwisata yang berkelanjutan di Indonesia Foto: Dokumentasi Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat mendorong percepatan pengembangan pariwisata nasional melalui dukungan peningkatan investasi yang mampu mewujudkan pembangunan pariwisata yang berkelanjutan.

"Mewujudkan pengembangan pariwisata yang berkelanjutan memang membutuhkan dukungan dari berbagai pihak, mendorong para investor untuk agar mau berinvestasi di sektor wisata sesuai dengan perencanaan yang ada sangat diperlukan," kata Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Jumat (7/6).

BACA JUGA: Netizen Soroti Masalah Turis Onar di Bali, Ketua DPD RI Minta Stakeholder Pariwisata Respons

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengungkapkan Indonesia membutuhkan investasi di sektor pariwisata berkisar antara Rp 244 triliun hingga Rp 325 triliun.

Investasi itu direncanakan untuk mendongkrak pengembangan sektor pariwisata berkelanjutan.

BACA JUGA: GMP Ajak Anak Muda Yogyakarta Ramu Kebijakan Pariwisata Berkelanjutan

Capaian investasi sektor pariwisata di Indonesia tahun-tahun sebelumnya selalu mencapai sekitar Rp 48 triliun.

Namun, capaian itu masih berfokus pada sektor perhotelan berbintang, restoran dan pusat kebugaran.

Menurut Lestari, konsep pengembangan pariwisata berkelanjutan yang diproyeksikan memberi dampak jangka panjang baik terhadap lingkungan, sosial, budaya, serta ekonomi itu memerlukan dukungan yang nyata.

"Sehingga upaya menarik minat investor dalam pengembangan sektor pariwisata harus benar-benar diarahkan sesuai dengan perencanaan yang telah disepakati," ujar Rerie yang akrab disapa.

Anggota Komisi X DPR dari Dapil II Jawa Tengah itu sangat berharap peningkatan target nilai investasi yang diharapkan dapat direalisasikan tanpa mengabaikan konsep pengembangan yang berkelanjutan.

Rerie mendorong agar para pemangku kepentingan di tingkat pusat dan daerah, serta masyarakat mampu mewujudkan proses pembangunan pariwisata yang berkelanjutan di setiap daerah di tanah air.

"Dengan begitu, sektor pariwisata dapat diharapkan menjadi salah satu tulang punggung pertumbuhan perekonomian nasional pada saat ini hingga masa depan nanti," pungkas Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu. (mrk/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler