Wakil Ketua MPR Ingatkan Pemerintah Jangan Abaikan Lingkungan di Papua

Jumat, 27 Agustus 2021 – 17:51 WIB
Wakil Ketua MPR Syariefuddin Hasan. Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR Syarief Hasan mendesak pemerintah memberikan perhatian serius terhadap kelestarian lingkungan di Papua.

Pasalnya, tambang bawah tanah terbesar di dunia yang ada di Papua kini kembali dikelola dan dieksplorasi oleh PT Freeport Indonesia.

Syarief menyoroti banyak wilayah bekas tambang yang diabaikan begitu saja.

"Bekas tambang yang sangat besar sangat berbahaya bagi manusia dan berpotensi merusak ekosistem kehidupan yang ada di bumi Papua," kata Syarief.

Dia khawatir, tanpa pengawasan dapat menimbulkan kerusakan lingkungan semakin bertambah.

Anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat itu juga berharap agar pembangunan harus dinikmati langsung secara maksimal oleh masyarakat Indonesia asli Papua.

Papua, kata Syarief, masih tergolong daerah yang memiliki tingkat kemiskinan yang tinggi.

“Papua memiliki isi bumi yang sangat banyak dan kaya, tapi belum dinikmati secara maksimal oleh masyarakat Indonesia asli Papua,” ungkapnya.

Syarief menekankan hasil alam Papua tidak boleh hanya dinikmati oleh pihak investor luar.

"Jangan sampai kita terus menerus mengeksplorasi sumber alam kekayaan  Papua  oleh PT Freeport Indonesia tanpa mempertimbangkan masa depan lingkungan Papua,” tegasnya.

Dia juga juga mempertanyakan kebenaran informasi bahwa saham 51 persen milik pemerintah belum dibayarkan.

"Pemerintah diharapkan secara terbuka menyampaikan dan menjelaskan secara transparan kepada Rakyat kondisi sebenarnya, karena selama ini rakyat mendapat penjelasan bahwa Pemerintah telah membayar lunas saham tersebut,” katanya lagi. (mar1/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:


Terpopuler