Wali Kota Madiun Jadi Doktor Pertama Lulusan Universitas Terbuka, Usung Smart City 

Selasa, 21 November 2023 – 15:23 WIB
Wali kota Madiun Dr. Maidi diapit Rektor UT Prof. Drs. Ojat Darodjat, M.Bus, Ph.D. dan Direktur Sekolah Pascasaraja Prof. Dr. Maman Rumanta, M.Si. Foto Mesya/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wali kota Madiun Maidi resmi menyandang gelar Doktor Administrasi Publik sekaligus menjadi lulusan pertama program doktoral Universitas Terbuka (UT).

Dalam ujian sidang terbuka Tugas Akhir Program Doktor (TAPD), Maidi mempresentasikan “Model Evaluasi Kebijakan Smart City : Studi Kasus Kota Madiun”.  

BACA JUGA: Pemkab Sumedang Wakili Indonesia Ikuti Pameran & Kongres Smart City Dunia di Barcelona

Ujian Sidang Terbuka TAPD ini dilaksanakan di Universitas Terbuka Convention Centre UTCC Universitas Terbuka Pondok Cabe, Tangerang Selatan pada Selasa, 21 November 2023. 

"Doktor Maidi merupakan  lulusan pertama Prodi  DAP. Beliau berhasil lulus dengan nilai sangat memuaskan setelah melalui tahap akhir untuk memperoleh gelar akademik Doktor," kata Ketua Sidang Prof. Drs. Ojat Darodjat, M.Bus, Ph.D. yant juga rektor UT dalam konferensi pers seusai Ujian Sidang Terbuka TAPD, Selasa (21/11).

BACA JUGA: Korlantas Polri Luncurkan IRSMS Mobile Presisi dan Pengembangan Smart City

Prof. Ojat memberikan apresiasi kepada Dr. Maidi. Di tengah kesibukannya sebagai wali kota Madiun, tetapi mampu menyelesaikan semua perkuliahan dan persyaratan akademik untuk memperoleh gelar Doktor.

Prof. Ojat berharap ini bisa memotivasi mahasiswa Promovendus lainnya di Universitas Terbuka agar dapat segera menyelesaikan studinya.

BACA JUGA: Dorong Inovasi Pertanian, Smart City UI Gelar Diseminasi Hasil Riset

Tercatat, sebanyak 70 Promovendus yang tengah studi S3 di UT. Diharapkan setelah Wako Maidi, akan bertambah lagi Doktor lainnya 

Sidang Terbuka ini merupakan sidang promosi Doktor yang dilaksanakan setelah Maidi dinyatakan lulus pada ujian sidang tertutup pada Jumat (3/11).

Adapun susunan komisi penguji adalah Ketua Sidang Prof. Drs. Ojat Darodjat, M.Bus, Ph.D. (UT), Promotor Dr. Sofjan Aripin, M.Si. (UT), Kopromotor I Prof. Dr. Bambang Supriyono, M.Si. (UB), Kopromotor II Dr. Akadun, M.Pd. (LLDIKTI Wilayah IV).

Penguji Eksternal I Prof. Dr. Yulianto, M.Si. (Unila), Penguji Eksternal II Prof. Dr. Daryono, S.H.,M.A.,Ph.D. (UT), Penguji Eksternal III Dr. H. Bambang Soesatyo, SE., SH., MBA. (Ketua MPR RI) dan Sekretaris  Sidang Dr. Susanti, M.Si. (UT).

Sidang yang berlangsung dari pukul 09.00-11.30 WIB  dibuka oleh Direktur Sekolah Pascasaraja Prof. Dr. Maman Rumanta, M.Si. dan Ketua Sidang Rektor Universitas Terbuka  Prof. Drs. Ojat Darodjat, M.Bus, Ph.D. ini  berlangsung  dengan tanya jawab  secara lancar dan dapat dijawab dengan tepat oleh Promovendus Maidi. 

Prof. Ojat mengungkapkan kelulusan Dr. Maidi menjadi sebuah kebanggaan bagi UT ketika dipercaya pemerintah untuk membuka program doktor karena sebelumnya hanya sarjana dan pascasarjana, kemudian program doktor.

Dia berharap lulusan doktor dari UT yang telah berkomitmen, berjibaku sehingga lulus dapat berkontribusi di tanah air sesuai dengan bidangnya masing-masing.

"Insyaallah dalam waktu dekat tanggal 23 November, akan ada calon doktor lain dari bidang studi manajemen," ujar Prof. Ojat 

Dia menambahkan banyak juga mahasiswa yang aktif menempuh dua bidang studi yang ada dan insyallah ke depannya akan membuka bidang doktor baru khususnya ilmu keguruan dan MST, biar setiap fakultas ada representasinya. (esy/jpnn)


Redaktur : Budianto Hutahaean
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler