Wamendag Jerry Dorong Pelajar Indonesia di Australia dan Selandia Baru jadi Duta Ekspor

Jumat, 12 Mei 2023 – 05:01 WIB
Wamendag Jerry menyampaikan pelajar di Australia dan Selandia Baru merupakan aset potensial untuk memperluas pasar produk Indonesia. Foto Humas Kemendag

jpnn.com, CANBERRA - Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga menyampaikan pemerintah mengapresiasi para pelajar Indonesia di Australia dan Selandia Baru yang terus mengenalkan produk tanah air ke pasar luar negeri.

Para pelajar juga dinilai turut membantu pemerintah meningkatkan kinerja ekspor Indonesia dengan memperluas pengetahuan ekspornya.

BACA JUGA: Wamendag Jerry Ungkap 2 Kunci agar ASEAN Menjadi Pusat Pertumbuhan Ekonomi Dunia

Hal ini disampaikan Wamendag dalam acara Ngobrol Ekspor Bareng Bang Jerry Sambuaga dengan tema 'Banjiri Produk Indo di Luar Negeri Bersama Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI)’.

Kegiatan tersebut diselenggarakan secara hibrida di Australian National University oleh Atase Perdagangan Canberra bersama PPI Australia dan PPI Selandia Baru di Canberra, Australia, Rabu (10/5).

BACA JUGA: Tinjau FEKDI 2023, Wamendag Jerry Dorong Masyarakat Tingkatkan Penggunaan QRIS

“Para pelajar sebagai diaspora Indonesia di Australia dan Selandia Baru merupakan aset potensial untuk memperluas pasar produk Indonesia, mengingat generasi pelajar saat ini memiliki peran strategis dalam membangun Indonesia Emas 2045,” ujar Wamendag Jerry Sambuaga.

Menurut Wamendag, hal ini didukung dengan berbagai perjanjian dagang antara Indonesia dengan Australia dan Selandia Baru.

Nantinya, kata Wamendag Jerry Sambuaga, perjanjian tersebut dapat memudahkan akses ekspor Indonesia ke kedua negara.

Dia menyebutkan beberapa perjanjian dagang yang terjalin antara Indonesia dengan Australia maupun Selandia Baru, seperti Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Australia (Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement/IA-CEPA).

"Kemudian Perjanjian Perdagangan Bebas ASEAN, Australia, dan Selandia Baru (ASEAN Australia New Zealand Free Trade Agreement/AANZFTA) merupakan peluang bagi para pelajar untuk mulai menjajaki pasar ekspor di Australia maupun Selandia Baru,” sebut Wamendag Jerry.

Atase Perdagangan Canberra Agung Haris Setiawan menambahkan pelajar Indonesia di luar negeri sebagai bagian dari diaspora merupakan the real ambassador terhadap produk Indonesia.

“Pelajar di luar negeri bisa menjadi ‘pasar’ dan pengusaha sekaligus," tegas Haris.

Saat selesai kuliah dan tetap tinggal di negara tersebut, kata Haris, mereka bisa menjadi importir atau buyer produk Indonesia dan ketika pulang ke tanah air bisa menjadi pengekspor produk Indonesia.

Menurut Haris, untuk meningkatkan nilai ekspor ke Australia, Atase Perdagangan Canberra juga telah melaksanakan berbagai kegiatan lain, seperti penjajakan kesepakatan bisnis (business matching), pameran, promosi digital, serta optimalisasi sosial media.

Tingginya antusiasme para pelajar untuk meningkatkan pengetahuan ekspor melalui forum diskusi ini disambut baik oleh kedua pimpinan PPI di Australia maupun Selandia Baru.

Presiden PPI Australia Yudhi Hartawan menyampaikan sektor perdagangan dan investasi merupakan prioritas bagi pembangunan menuju Indonesia Emas 2045.

“Untuk itu, PPI Australia beserta seluruh anggotanya siap mendukung pemerintah dalam peningkatan ekspor yang diawali dengan diadakannya kegiatan ini,” ujar Yudhi.

Senada disampaikan Presiden PPI Selandia Baru Radya Mahardika yang mengatakan melalui pertemuan langsung dengan pemangku kepentingan, pengetahuan ekspor para pelajar semakin terbuka.

Menurut Radya, para pelajar di luar negeri merupakan salah satu garda terdepan dalam perluasan pasar produk Indonesia.

"Oleh karena itu, untuk meningkatkan neraca perdagangan dengan negara mitra, kolaborasi Kementerian Perdagangan bersama PPI diharapkan akan terus terjalin,” jelasnya.

Selain forum diskusi, kegiatan kali ini juga diluncurkan program bebas biaya kirim produk usaha kecil dan menengah (UKM) Yogyakarta ke Australia dan Selandia Baru.

Program tersebut merupakan kerja sama Atase Perdagangan Canberra dengan Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

“Program ini mendapatkan dukungan dari Dana Keistimewaan Yogyakarta dengan tujuan membuka akses pasar global ke pelaku lokal," kata Haris.

Haris menyampaikan pelajar di bawah naungan PPI menjadi salah satu pihak yang akan menjadi target pasar dan diharapkan dapat berkembang di lingkungan tempat kuliah dan beraktivitas.

"Program pelatihan Duta Ekspor juga langsung dimulai dengan esi pembelajaran secara daring yang tentunya bisa menjangkau ribuan anggota PPI di Australia dan Selandia Baru,” pungkas Haris. (mrk/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler