Wanita Nelayan Sadulur Ganjar Bangun Rumah Produksi Pisang Sale

Minggu, 19 Maret 2023 – 13:36 WIB
Wanita Nelayan Sadulur Ganjar bersama ibu-ibu di Tasikmalaya. Dok sukarelawan Ganjar

jpnn.com, TASIKMALAYA - Para perempuan penangkap hasil laut yang tergabung dalam Wanita Nelayan Sadulur Ganjar meresmikan Rumah Produksi Pisang Sale pada Minggu (19/3).

Rumah Produksi Sale itu terletak di Kampung Pasirsalam RT010/002 Desa Cipanas, Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

BACA JUGA: Usbat Ganjar Gelar Pelatihan Menyalatkan Jenazah Bareng Jemaah Majelis Taklim

Rumah produksi tersebut merupakan salah satu program pemberdayaan masyarakat.

Salah satunya untuk meningkatkan perekonomian warga setempat khususnya istri-istri nelayan di Kecamatan Cipatujah.

BACA JUGA: Pantau Perkembangan & Persiapan Atlet Jateng, Ganjar Meluncurkan Aplikasi Sisakti

Para perempuan pendukung Ganjar Pranowo itu berkolaborasi bersama pelaku UMKM rumah produksi pisang sale Ibu Ooh yang telah memiliki kekuatan dalam segi pemasaran dan kualitas produksi selama 30 tahun.

"Program Wanita Nelayan Sadulur Ganjar yang memberikan bantuan Produksi Rumah Pisang Sale. Tujuannya untuk membantu perekonomian masyarakat Desa Cipanas khususnya dan sekitar Kecamatan Cipatujah," kata Ketua Wanita Nelayan Sadulur Ganjar, Desi Aryanti.

BACA JUGA: Orang Muda Ganjar Gelar Program Bina Desa di Serang

Rumah Produksi Pisang Sale tersebut nantinya bakal dikelola dan dibina langsung oleh Ibu Ooh sekaligus memberdayakan kaum perempuan di sejumlah di Kecamatan Cipatujah.

Dalam kesempatan ini, para ibu setempat pun diberikan keterampilan bagaimana cara mengolah pisang menjadi olahan camilan berdaya jual untuk menambah pendapatan rumah tangga.

"Wanita Nelayan Sadulur Ganjar ini mudah-mudahan bisa menciptakan lapangan pekerjaan untuk perempuan bisa di sini bekerja sama membuat sale di sini untuk membantu perekonomian," ujar Desi.

Selain itu, pihaknya juga menyerahkan bantuan seperti desain dan ribuan packaging kemasan agar produk olahan sale pisang ini menarik minat pembeli dan mampu memperluas pasar.

Adapula peralatan produksi yang diberikan di antaranya kompor, timbangan, wajan, dan alat pengering pisang sehingga memudahkan proses produksi saat musim hujan.

Atin (52) ibu rumah tangga asal Desa Cipanas mengaku senang atas program pemberdayaan masyarakat ala Nelayan Wanita Sadulur Ganjar kali ini.

"Saya mengucapkan terima kasih atas bantuan yang telah diberikan untuk warga desa Cipanas dan warga sekitar nya mewakili dari masyarakat," jelas Atin.

Senada, Ibu Ooh Rosidah pelaku UMKM Pisang Sale mengapresiasi bukti nyata sukarelawan pendukung Ganjar Pranowo tersebut dalam meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Alhamdulillah mudah-mudahan produksi usaha ini bisa lancar ke depannya. Banyak terima kasih kepada relawan," kata Ooh. (cuy/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kiai Muda Dukung Ganjar Gelar Haul Akbar Mbah Hasyim di Bojonegoro


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler