Warga Adukan Tindakan Sadis Pam Swakarsa ke DPR

Rabu, 14 Desember 2011 – 15:06 WIB
JAKARTA - Koalisi Kemanusian dan Keluarga Korban Lampung mengadukan Pam Swakarsa ke DPR, yang diduga telah melakukan tindakan sadis terhadap warga LampungMereka diterima di ruang Komisi III, gedung Nusantara II, Senayan Jakarta, Rabu (14/12).

Juru bicara Koalisi Kemanusiaan dan Keluarga Korban Lampung, Saurip Kadi dihadapan anggota Komisi Hukum DPR itu menjelaskan bahwa penyiksaan itu terkait tudingan Pam Swakarsa terhadap masyarakat yang menyerobot lahan milik PT Silva Inhutani di Desa Mesuji, Provinsi Lampung.

"Tindak kekerasan sadis dengan cara dibantai ini dialami warga Lampung sejak awal tahun 2011

BACA JUGA: Pimpinan DPR Bantah Incar Wa Ode Nurhayati

Pelakunya seperti dalam tayangan video yang diputar di Komisi III tadi, diduga dilakukan oleh oknum Polri," ujar Saurip Kadi, dihadapan sejumlah anggota Komisi III DPR.

Ditegaskannya, setidaknya telah diketahui sekitar 8 orang meninggal dunia dan sekitar 20 orang di antaranya mengalami cacat fisik permanen.

Agar korban tidak berjatuhan lagi, lanjutnya, masyarakat Mesuji minta perhatian sungguh-sungguh dari DPR untuk segera menginvestigasi dan mendesak Kapolri Timur Pradopo mengusut kasus ini
"Termasuk menindak tegas anggota kepolisian yang terlibat tindakan sadis itu."

Di tempat yang sama, anggota Komisi III DPR Bambang Soesatyo menyatakan akan menindaklanjuti laporan masyarakat Lampung ini kepada pihak-pihak terkait dan segera meminta Kapolri dan jajarannya menjelaskan peristiwa sadis itu.

Selain itu, kata politisi Golkar itu, Komisi III DPR juga akan membentuk tim investigasi ke lapangan untuk menyelidiki peristiwa yang melanggar prinsip-prinsip kemanusiaan ini.

"Jika benar tindakan oknum kepolisian itu seperti dalam tayangan video tadi, ini merupakan pelanggaran hukum berat

BACA JUGA: Giliran Mubarok yang Diserang Nazar

Karena itu kasus ini mesti ditelusuri dan diselidiki
Kita akan panggil Kapolri dalam kesempatan pertama untuk memebrikan klarifikasi tindakan sadis ini," janjinya. (fas/jpnn)

BACA JUGA: Lagi, Nazar Tuding Pimpinan KPK Perampok

BACA ARTIKEL LAINNYA... Makassar Sabet Bung Hatta Award


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler