Warga Kendal Ini Raih Juara Pertama Berpidato ala Bung Karno

Minggu, 26 Juni 2022 – 17:31 WIB
Gubernur Ganjar Pranowo bersama para pemenang lomba Pidato Bung Karno. Foto: dok IG @ganjarpanowo

jpnn.com, SOLO - M Sulkhan (27) warga asal Kendal Jawa Tengah patut berbangga setelah menjadi juara pertama Lomba Pidato Bung Karno.

Tak sia-siang perjuangannya berhari-hari mengambil video pidato di kampungnya diganjar dengan juara pertama tersebut.

BACA JUGA: Sejumlah Ulama dan Kiai di Madura Deklarasikan Dukungan Untuk Ganjar Pranowo

Sulkhan tampil apik dengan seragam ala Bung Karno saat final di hadapan ribuan masyarakat saat Konser Trisakti di Benteng Vastenburg Solo, Sabtu (25/6) malam.

Dia berhasil mengalahkan dua finalis lainnya dan menjadi juara pertama.

BACA JUGA: Diusulkan Duet dengan Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024, Anies Baswedan Hanya Jawab Begini

"Saat tahu ada lomba pidato ini, saya tiap malam tidak tidur dan mendengarkan pidato Bung Karno. Saya juga tiga hari syuting ambil gambar untuk bisa jadi dan dikirimkan ke panitia. Alhamdulillah jadi juara," katanya.

Sulkhanmerasakan betul bagaimana kebanggaannya karena menjadi juara. Selain hadiah langsung diberikan oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dia juga tampil di depan ribuan orang.

BACA JUGA: Ganjar Gandeng Komunitas Untuk Selesaikan Masalah Sampah

"Awalnya grogi, tetapi setelah ingat kata Bung Karno, bahwa kita harus memiliki mental baja, bukan pemuda yang memiliki mental tempe. Saya jadi berani dan tampil maksimal," jelasnya.

Sulkhan mengapresiasi adanya Lomba Pidato Bung Karno yang digelar Ganjar Pranowo ini. Menurutnya, itu cara yang tepat agar masyarakat tidak melupakan sejarah bangsanya.

Selain Sulkhan, dua nominator lain juga tampil di acara itu. Mereka adalah Sondang Olivia Panggabean,21, asal Medan sebagai juara kedua dan Endra Harsaya alias Hendro Plered,58, peserta asal Jogjakarta sebagai juara ketiga.

"Sangat bersyukur bisa masuk nominator dan tampil di hadapan ribuan masyarakat. Awalnya tidak menyangka, tapi karena doa dari orang tua, dosen dan teman-teman saya, saya bisa tampil dengan baik malam ini. Semoga kita anak muda terus bersemangat dan menjadikan Tri Sakti Bung Karno sebagai pegangan memajukan Indonesia," kata Olivia.

"Saya bisa hadir malam ini sudah bangga sekali. Bukan hadiah atau predikat juara yang saya kejar, tapi kita bisa menjiwai sosok Founding Father di Indonesia yakni Bung Karno. Untuk anak-anak muda generasi bangsa, kita harus semangat menyongsong Indinesia Emas 2045 dengan berpegangan pada Tri Sakti Bung Karno," timpal Hendro Plered.

Selain kategori umum, Lomba Pidato Bung Karno juga diikuti oleh kategori anak-anak dan remaja.

Untuk kategori anak-anak, juara pertama diraih oleh Panji Cayapata Siladri asal Wonogiri, juara kedua diraih Aurelia Davina Christabel dari Jogjakarta dan juara ketiga diraih Dini Agustina asal Kalimantan Barat.

Sementara untuk kategori remaja dan pelajar, juara pertama diraih oleh Ribhil Mafatih asal Banyuwangi, Jatim, juara kedua diraih I Wayan Harleyco Nila Putra asal Bali dan juara ketiga diraih Angelina Carolina asal Palembang. (flo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler