Warga Kotawaringin Barat Temukan Benda Misterius, Mirip Tubuh Pesawat

Rabu, 06 Januari 2021 – 08:25 WIB
Warga menemukan potongan benda asing mirip badan pesawat di Teluk Ranggau, Desa Sungai Cabang, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat, Senin (4/1). Foto: Istimewa - Radar Pangkalan Bun

jpnn.com, KOTAWARINGIN BARAT - Warga Desa Sungai Cabang, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah heboh dengan penemuan serpihan berupa logam melengkung di tepi Teluk Runggau, Desa Sungai Cabang, Senin (4/1).

Benda tersebut diduga potongan badan pesawat.

BACA JUGA: Ada Suara Misterius di Lagu Siap Tuk Pergi, Iiih Serem

Temuan benda misterius itu menyebar cepat melalui media sosial dan juga grup WhatsApp.

Warga menduga benda tersebut merupakan potongan badan pesawat Air Asia QZ8501 yang mengalami kecelakaan di perairan Kumai pada 28 Desember 2014 silam.

BACA JUGA: Petugas Keamanan Bandara Soekarno-Hatta Hilang Secara Misterius

Namun kebenaran informasi terkait spesifikasi benda tersebut masih harus dibuktikan dengan penelitian.

Benda berukuran besar dengan setengah diameter lingkaran sudah terpotong tersebut pertama kali ditemukan oleh warga di tepi Teluk Runggau sekitar pukul 15.00 WIB.

BACA JUGA: Perang Melawan Corona! Air Asia Indonesia Dukung Aksi 1 Juta Cup Kopi Jujur

Diduga benda tersebut terbawa oleh ombak, lantaran dalam beberapa minggu ini ombak di kawasan Sungai Cabang cukup tinggi.

Benda tersebut terdampar di tepi laut yang dekat dengan pemukiman warga di Sungai Cabang.

Penemuan benda asing tersebut sempat didokumentasikan warga. Berdasarkan rekaman video itu, benda melengkung itu diperkirakan berukuran panjang sekitar lima meter dengan diameter sembilan meter.

Terkait hal ini pihak yang berwenang belum dapat memastikan apakah merupakan serpihan pesawat Air Asia QZ8501 atau bukan, tetapi secara konstruksi ada kemiripan dengan badan pesawat.

Kasatpolair Polres Kobar Iptu Kusean Afandi saat dikonfirmasi mengatakan bahwa pihaknya sudah berkoordinasi dengan KSOP Kumai, Danpos AL serta TNI Angkatan Udara terkait benda asing yang ditemukan oleh warga.

Meski demikian pihaknya belum berani memastikan apakah benda tersebut merupakan potongan badan pesawat Air Asia QZ8501 atau bukan, karena ada juga kemiripan dengan cerobong asap.

"Untuk memastikannya harus ke TKP dengan TNI AU Lanud Iskandar, apakah itu potongan badan pesawat atau bukan harus dipastikan dulu," katanya seperti dikutip dari Radar Sampit.

Enam tahun silam, pesawat Air Asia dengan nomor seri QZ8501 jenis Airbus 320-200 mengalami kecelakaan di perairan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat pada 28 Desember 2014 silam dengan membawa 155 penumpang dan tujuh orang kru pesawat. Pesawat dinyatakan hilang kontak di sekitar Laut Jawa dekat Selat Karimata pada saat terbang dari Surabaya menuju Singapura. (tyo/sla)


Redaktur & Reporter : Adek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler