Warga Lomanis Berharap Masker

Senin, 04 April 2011 – 07:52 WIB
Hingga Minggu (3 April 2011), kobaran api masih terlihat di Kilang Minyak Pertamina Cilacap. Tiga tanki kilang yang terbakar masih belum dapat dipadamkan sejak Sabtu dini hari. Terbakarnya kilang ini menjadi tontonan warga Cilacap dan sekitarnya. Foto : Arundono/JPNN

CILACAP-Warga yang berada di dekat lokasi kebakaran tanki pertamina berharap ada bantuan masker dan logistik.Masker ini untuk menghindari terjadinya infeksi pernafasanSebab semenjak dua tanki yang terbakar runtuh kepulan asap hitam makin merendah.

Basiran warga RT 03/2 Kelurahan Lomanis Cilacap mengatakan jika pada awal kebakaran asap cenderung menjulang tinggi dan hanya menyebabkan wilayah tersebut kelihatan mendung

BACA JUGA: Bupati Teluk Wondama Ditahan di Sel Wanita

Namun kemarin (3/4) seiring dengan runtuhnya dua tanki yang terbakar asap lebih cenderung rendah
Selain itu semprotan cairan foam membuat asap kian hitam pekat.

"Wilayah kami searah dengan kepulan asap

BACA JUGA: Pertamina Siapkan 400 Ribu Barel BBM

KIta takutkan akibat menghirup asap hitam dari kebakaran tangki itu bisa menyebabkan gangguan pernafasan
KIta harapkan bila hingga esok (Senin-red) api belum bisa dipadamkan bisa ada bantuan masker untuk warga yang berjarak kurang dari 500 meter dari lokasi kebakaran," ujarnya.

Hal senada diungkapkan Yatino

BACA JUGA: Proses Penyelidikan Tunggu Api Padam

Ia mengatakan setidaknya ada tiga RT yang berada dekat dengan lokasi kebakaranYakni RT 02/1, RT 01/1 dan RT 03/2Sebagian warga di wilayah ini masih bertahan tetap tinggal di lokasiNamun seiring dengan asap yang mengepul rendah ia berharap ada bantuan masker bagi yang masih bertahan dilokasi.

"Pada Sabtu (2/3) yang kita ungsikan hanya manula, perempuan dan anak-anakNamun melihat hari ini api sudah mengecil kita sedikit lebih tenang sehingga sebagian dari mereka sudah kembaliNamun kita dihadapkan pada asap tebal yang mengepul kian rendahKita khawatir jika menghirup asap ini bisa menyebabkan gangguan pernafasan," jelasnya

Warga lainnya Sugeng mengatakan apabila hingga Minggu malam api belum bisa dipadamkan ia berharap bisa ada bantuan logistik untuk warga yang turut membantu menjaga pintu masuk pada gang ke arah lokasi kebakaranSebab imbas kebakaran tersebut mengakibatkan aktivitas warga terganggu, karena jalanan ditutup, sehingga tidak leluasa untuk keluar-masuk seperti biasanya.

Kebakaran ini juga mengundang perhatian warga dari luar kota untuk menyaksikanMenggunakan sepeda motor mereka berupaya mendekat ke lokasi kebakaranNamun karena akses pintu masuk ditutup oleh petugas mereka hanya menyaksikan dari jarak 500 meter dari lokasi kebakaranYakni pada area sekitar aula pertamina atau jika malam hari mereka menyaksikan dari jalan Rinjani Cilacap(tom)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pusat Investasi Rp 16 Miliar di Gorontalo


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler