Warga Surabaya Bisa Berobat Gratis dengan Tunjuk KTP, PSI Siap Kawal

Kamis, 08 April 2021 – 23:28 WIB
Politisi PSI Surabaya saat meninjau pelayanan di UPTD Puskesmas Simomulyo. Foto: PSI Surabaya

jpnn.com, SURABAYA - Warga Surabaya kini semakin mendapatkan layanan dengan cukup menunjukkan KTP. Kemudahan itu ada setelah Pemerintah Kota Surabaya meluncurkan program Jaminan Kesehatan Semesta (JKS). 

Aturan itu juga berlaku bagi warga yang semula berlangganan BPJS mandiri (kelas satu atau dua), yang bersedia migrasi ke JKS (BPJS kelas tiga). Otomatis akan dilayani. 
 
Anggota Komisi DPRD Kota Surabaya Fraksi PSI Tjutjuk Supariono menilai program itu menjawab kebutuhan warga Surabaya. Warga yang tidak mampu membayar iuran BPJS bisa segera lapor ke kelurahan. 

"Layanan BPJS akan aktif kembali hanya dengan menunjukkan KTP” ujar  dia, Kamis (8/4). 

Tjutjuk mengatakan sistem rujukan berjenjang masih berlaku pada program JKS. Bagi warga yang sakitnya tidak terlalu parah dapat mengunjungi fasilitas kesehatan tingkat satu. 

"Seperti puskesmas atau klinik terdekat. Kalau mengidap sakit parah bisa mendapat pelayanan langsung ke rumah sakit," jelas dia. 

Dia menyebut saat ini di Surabaya terdapat 63 puskesmas, delapan klinik utama, dan 42 rumah sakit yang bermitra dengan program JKS. 

"Semua dapat diakses warga Surabaya, tentunya dengan tetap mengikuti sistem rujukan berjenjang. Solidaritas dan kebijaksanaan seluruh warga Surabaya sangat diperlukan untuk melewati badai pandemi ini” tambah Tjujuk. 

Sekadar diketahui, sekitar 450 ribu warga Surabaya mengalami pemotongan jam kerja dan lebih dari 70 ribu lainya menganggur akibat pandemi tahun lalu. 

Data terbaru Pemkot Surabaya menyebutkan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) telah mendekati angka 900 ribu jiwa. Hadirnya pemerintah sangat diperlukan untuk memenuhi kebutuhan dasar warga Surabaya, terutama urusan kesehatan. 

Tjujuk menegaskan bahwa tugas anggota dewan adalah melakukan pengawasan pelaksanaan program yang diterbitkan, sehingga bisa berjalan optimal. 

“Kami siap mengawal, bila kami akan bantu sosialisasikan berita baik ini ke seluruh jaringan kami di Surabaya. Ide dan program Pemkot sudah sangat baik, tinggal dikawal pelaksanaannya di lapangan” pungkas Tjujuk. (mcr12/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:

BACA JUGA: 5 Berita Terpopuler: Waspada Siklon Tropis Seroja,Yayasan Keluarga Soeharto Harus Angkat Kaki, Tagih Janji Mahfud


Redaktur & Reporter : Arry Saputra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler