Warga Temukan Ikan Kepala Buaya

Sabtu, 25 Februari 2012 – 08:54 WIB
Warga Desa Simpang Pelabuhan Dalam Kecamatan Pemulutan, Kabupaten Ogan Ilir Sumatera Selatan, Jumat (24/2) heboh. Pasalnya, ditemukannya ikan berkepala buaya (alligator fish) oleh Sarnubi (37), warga Dusun II desa tersebut.FOTO:ist/Sumatera Ekspres

INDERALAYA- Warga Desa Simpang Pelabuhan Dalam, Kecamatan Pemulutan, Kabupaten Ogan Ilir, Jumat (24/2) heboh. Pasalnya, ditemukannya ikan berkepala buaya (alligator fish) oleh Sarnubi (37), warga Dusun II desa tersebut.

Ikan tersebut dikatakan berkepala buaya karena memang mulutnya memiliki moncong seperti buaya. Ciri lainnya, badan ikan bercolak belang seperti Ikan Toman dan ekor seperti ikan lainnya.

Saat diukur berat dan panjangnya, ikan tersebut memiliki berat 3,2 kg, panjang 70 cm, dan diameter badannya sekitar 7 cm.  Spontan penemuan ikan aneh tersebut menjadi tontonan warga Desa Simpang Pelabuhan Dalam.

Karena, banyaknya warga yang memegang dan mempermainkannya, membuat ikan berkepala buaya tersebut mati. Sarnubi, penemu ikan aneh yang lugu lantas menjual ikan tersebut kepada warga Desa Ibul Besar III seharga Rp20 ribu.

Sarnubi yang dibincangi, Jumat (24/2) menuturkan bahwa ikan tersebut ditemukan saat dirinya mencari ikan dengan cara menyetrum di rawa-rawa Dusun II Desa Simpang Pelabuhan Dalam, Kamis (23/2) sekitar pukul 22.30. Ikan tersebut sempat tersengat aliran listrik dari baterai yang digunakannya untuk menyetrum. “Ikan langsung saya tangkap dan dimasukkan dalam perahu,” kata Nubi, begitu panggilannya.

Dia sama sekali tidak menyangka akan menemukan ikan aneh. Sebab, baik dirinya maupun orang-orang tua di desanya tidak pernah melihat dan menemukan ikan tersebut. “Sudah tujuh tahun saya bekerja mencari ikan, namun baru kali ini menemukan ikan aneh berkepala buaya,” ujarnya yang tidak takut saat menangkap ikan.

Dikatakannya, bahwa dirinya sengaja mengikat mulut ikan tersebut karena khawatir ikan akan menggigit tangan warga yang memainkannya. Daripada dapat musibah, lebih baik mulut ikan saya ikat,” pungkasnya. (dom/ce4)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Perantau Sipirok Demo, Desak Ibukota Cepat Dipindah


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler