Waspada Atmosfer Britannia

Sabtu, 28 April 2012 – 13:01 WIB

STOKE-ON-TRENT - Lolosnya Chelsea ke final Liga Champions membuka harapan bagi tim-tim yang bersaing di empat besar Premier League. Chelsea diyakini bakal mati-matian merebut juara demi tiket otomatis ke Liga Champions musim depan dibandingkan di liga domestik.

Itu berarti mengurangi persaingan empat besar atau zona Liga Champions dari empat tim menjadi tiga tim. Tanpa Chelsea, berarti Arsenal, Newcastle United, dan Tottenham Hotspur-lah yang diuntungkan karena kehilangan salah satu pesaing.

"Kami yakin Chelsea akan juara. Tapi, kami tidak bisa menggantukan nasib kepada tim lain. Nasib kami ada di tangan kami sendiri," kata gelandang Arsenal Aaron Ramsey seperti dikutip di situs resmi klub.

Arsenal memang dituntut harus mendulang angka penuh, termasuk saat melawat ke Stadion Britannia, kandang Stoke City, malam nanti (siaran langsung Global TV kickoff 21.00 WIB). Jika sampai selip, Arsenal terancam disamai perolehan angkanya oleh Newcastle yang hanya tertinggal tiga angka plus bermain satu laga lebih sedikit.
 
Dalam dua laga terakhir di kandang sendiri, The Gunners " sebutan Arsenal " hanya mampu meraih satu angka atau setelah kalah 1-2 dari Wigan Athletic (16/4) dan ditahan imbang tanpa gol oleh Chelsea (21/4). "Kami harus memenangi tiga sisa tanpa kecuali," tandas Ramsey.
 
Ramsey boleh saja optimistis. Tapi, statistik mencatat apabila Britannia bukan tempat yang bersahabat bagi timnya. Arsenal hanya menang sekali dan kalah tiga kali dari empat lawatan terakhir.
 
Permainan fisik yang menjadi andalan Stoke pun masih sulit diredam tim-tim yang bertandang ke Britannia sepanjang musim ini. Liverpool dan Tottenham keok, sedangkan duo Manchester (United dan City) serta Chelsea hanya mampu pulang dengan satu angka.
 
Catatan itu pun memberi kebanggaan bagi pelatih Stoke Tony Pulis. "Atmosfer Britannia selalu luar biasa. Jika kami mampu mengakhiri musim ini dengan tidak terkalahkan melawan klub empat besar, maka itu akan menjadi pencapaian istimewa bagi klub kami," kata Pulis kepada Sky Sports.
 
"Itu sekaligus sesuatu yang saya pikir lebih hebat dibandingkan lolos ke final Piala FA musim lalu atau berlaga di Eropa (Europa League) musim ini," sambungnya.
 
Stoke dikabarkan tidak bisa memainkan winger kanan Jermaine Pennant karena virus. Padahal, dengan status sebagai mantan Arsenal, Pennant diharapkan bisa memberi kontribusi lebih. Di sisi lain, winger kanan tim tamu juga pincang setelah Theo Walcott divonis absen sampai akhir musim karena cedera hamstring saat melawan Chelsea. (dns)

Perkiraan Pemain
Stoke City (4-4-2) : 1-Begovic (g); 30-Shotton, 4-Huth, 17-Shawcross", 12-Wilson; 24-Delap, 40-Palacios, 6-Whelan, 26-Etherington; 19-Walters, 25-Crouch
Pelatih : Tony Pulis

Arsenal (4-2-3-1) : 13-Szczesny (g); 3-Sagna, 5-Vermaelen, 6-Koscielny, 28-Gibbs; 17-Song, 2-Diaby; 27-Gervinho, 16-Ramsey, 15-Oxlade-Chamberlain; 10-Van Persie"
Pelatih : Arsene Wenger


BACA ARTIKEL LAINNYA... Kata Mereka Soal Kepergian Guardiola


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler