Waspada, BMKG Prediksi Daerah Ini Berpotensi Hujan Petir pada Minggu-Senin

Minggu, 08 Januari 2023 – 00:07 WIB
BMKG memprakirakan hujan lebat hingga petir disertai angin kencang berdurasi singkat akan terjadi di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) pada Minggu-Senin.. Foto/ilustrasi: arsip JPNN.com/Ricardo

jpnn.com, BALIKPAPAN - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan lebat hingga petir disertai angin kencang berdurasi singkat akan terjadi di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) pada Minggu-Senin (8-9/1).

Karena itu, BMKG mengimbau agar semua masyarakat agar waspada.

BACA JUGA: Waspada, BMKG Prediksi Potensi Gelombang Laut 4 Meter di NTT

"Dari 10 kabupaten/kota di Kaltim, hanya Kota Bontang yang diprakirakan cerah hingga hujan ringan pada Minggu-Senin," ujar Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan Idham Chalid di Balikpapan, Sabtu.

Menurut dia, dampak dari hujan lebat hingga hujan petir yang disertai angin tersebut antara lain banjir, sungai meluap, pohon tumbang, jalan licin, dan tanah longsor.

BACA JUGA: Prakiraan Cuaca Hari Ini Menurut BMKG di Riau 7 Januari 2023

Sehingga, kata dia kewaspadaan masyarakat harus ditingkatkan.

Adapun daerah yang berpotensi hujan antara lain Kota Balikpapan pada Minggu sekitar pukul 20.00 Wita hingga Senin dini hari.

BACA JUGA: BMKG Hari Ini Kamis 5 Januari 2023, Jakarta Berpotensi Hujan Disertai Petir di Siang Hari

Hujan petir diprakirakan terjadi pada sebagian besar kecamatan di Balikpapan.

Sementara itu, kota Samarinda pada Minggu pukul 20.00 dan 23.00 Wita, hujan ringan, hujan lebat hingga petir berpotensi terjadi di semua kecamatan.

Kemudian pada Senin dini hari, hujan ringan berpotensi terjadi di semua kecamatan.

Kabupaten Berau pada Minggu sekitar pukul 08.00 Wita, hujan lebat diprakirakan terjadi di Kecamatan Batu Putih dan Biduk-Biduk, pukul 17.00 Wita hujan petir berpotensi terjadi di Kecamatan Tanjung Redeb, Gunung Tabur, Sambaliung, dan Teluk Bayur.

Di Kabupaten Kutai Barat, lanjut Idham, hujan petir berpotensi terjadi di Kecamatan Sendawar dan Manaar Bulatn pada Minggu sekitar pukul 11.00 Wita.

Hujan lebat dan hujan petir diprakirakan terjadi sekitar pukul 20.00 Wita di Kecamatan Sendawar, Bentian Besar, Long Iram, Melak, Muara Pahu, Barong Tongkok, Jempang, Linggang Bigung, Manaar Bulatn, Muara Lawa, Nyuatan, Sekolaq Darat, Siluq Ngurai, dan Tering.

"Hari Minggu pukul 23.00 Wita hingga Senin dini hari, hujan lebat hingga hujan petir berpotensi terjadi di Kecamatan Bentian Besar, Damai, Melak, Muara Pahu, Barong Tongkok, Jempang, Muara Lawa, Nyuatan, Sekolaq Darat, dan Siluq Ngurai," katanya. (Antara/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Prakiraan Cuaca di Riau 5 Januari 2023, BMKG: Waspada Gelombang Tinggi


Redaktur & Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler