Waspada, Hindari 4 Makanan Ini Saat Sedang Diare

Minggu, 26 Januari 2020 – 17:00 WIB
Sakit perut atau diare. ILUSTRASI. Foto: Laman India Times

jpnn.com - Sebagian orang menganggap, minum susu saat diare dapat membuat penyakit semakin parah. Lantas, bagaimana medis menanggapi kabar yang satu ini?

Makanan yang jadi pantangan saat diare

BACA JUGA: Puluhan Warga Belu Terserang Diare

Diare adalah penyakit yang umumnya disebabkan oleh konsumsi makanan yang tidak higienis. Penyakit ini membuat penderitanya mengeluarkan feses dalam bentuk encer atau cair, dengan frekuensi yang lebih sering dari biasanya.

Orang yang mengalami diare harus pintar mengatur makan, agar penyakit tidak makin parah. Terkait hal ini, berikut adalah beberapa makanan yang menjadi pantangan saat diare.

BACA JUGA: Terserang Diare Saat Puasa, Ketahui 5 Penyebabnya

1. Alkohol dan Soda

Sedang diare? Anda harus menghindari makanan dan minuman yang menyebabkan kehilangan cairan, seperti alkohol dan minuman bersoda.

BACA JUGA: Musim Pancaroba, Penderita Diare Meningkat

Alkohol dapat bertindak sebagai diuretik, artinya akan cenderung memicu proses pengeluaran cairan dari dalam tubuh dan mencetuskan dehidrasi.

Sedangkan soda dengan ?termasuk soda dengan sirup jagung fruktosa? dapat menimbulkan masalah yang sama jika Anda mengalami diare.

Penelitian yang diterbitkan dalam Healthcare edisi Juni 2017 bahkan menyebut fruktosa dalam jumlah besar dapat ‘membanjiri’ sistem pencernaan Anda dan menyebabkan kembung dan diare. Bagi orang yang sudah diare, kondisi ini bisa bikin gejala makin parah.

2. Sorbitol dan Pemanis Buatan Lainnya

Pemanis buatan dapat memberikan efek pencahar, khususnya pada orang-orang dengan  saluran pencernaan yang sensitif.

Menurut buletin Harvard Health, Harvard Medical School, mengonsumsi gula ?baik alami maupun buatan? dapat menyebabkan usus menghasilkan lebih banyak air dan elektrolit. Senyawa tersebut dapat mencairkan feses dan menyebabkan diare.

3. Makanan yang Memicu Produksi Gas

Sangat penting untuk makan sayur setiap hari. Tetapi, ketika diare menyerang, Anda wajib menghindari ragam makanan yang cenderung meningkatkan gas di dalam usus.

Beberapa makanan yang dimaksud di sini adalah kol, kacang-kacangan, brokoli, dan kembang kol.

4. Makanan Berlemak

Makanan berlemak, termasuk di dalamnya makanan yang digoreng, berminyak, atau ditutupi saus, dapat membuat diare menjadi lebih parah.

Mentega, es krim, dan keju juga termasuk sebagai makanan berlemak yang sebaiknya tidak dikonsumsi selama diare. Bagaimana dengan susu? Bukankah susu juga mengandung lemak?

Ya, susu juga tidak boleh dikonsumsi saat diare. Sekalipun diare yang Anda alami bukan disebabkan oleh intoleransi laktosa, susu tetap merupakan asupan yang sebaiknya tidak dikonsumsi.

Sebab, lemak dan gula yang ditemukan dalam produk susu dapat membuat penyakit diare makin parah. Terlebih, jika Anda tergolong orang yang sensitif terhadap produk susu.

Dari penjelasan di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa minum susu saat diare terbukti dapat mengakibatkan perburukan kondisi penyakit. Karena itu, sebaiknya jangan lagi minum susu saat diare agar penyakit Anda lebih cepat sembuh.(NB/AYU/klikdokter)


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
pisang   Manfaat Pisang   diare   susu   Minum Susu  

Terpopuler