Waspada Menit-menit Akhir

Rabu, 14 November 2012 – 08:14 WIB
Suporter Timnas. Foto: Adri/dok.JPNN
JAKARTA - Timor Leste datang dengan keyakinan tinggi ke Indonesia. Mereka berjanji laga melawan Pasukan Garuda akan berjalan ketat meski masih dianggap sebagai lawan yang lemah oleh Indonesia.

"Kami tidak ada beban. Kami datang kesini dengan semangat dan keyakinan bisa menang. Justru Indonesia yang mungkin memliki beban. Kami akan berikan perlawanan yang maksimal," ujar Pelatih Timor Leste Emerson Dos Santos Alcantara kemarin (13/11).

Kapten tim, Jesse Fernando, juga menegaskan jika rekan-rekannya telah siap bertanding dan bertekad meraih kemanangan walau harus bertanding dihadapan pendukung lawan.

"Kami datang ke sini dengan kepercayaan diri yang kuat untuk menang. Pertandingan ini akan bagus bagi tim dan para pemain, melawan Indonesia menjadi pertandingan yang ketat," tuturnya.

Menghadapi Timor Leste, Indonesia harus waspada pada menit-menit akhir babak kedua. Sebab, dari beberapa laga yang telah dijalani oleh Timor Leste selama kualifikasi Piala AFF Oktober lalu, mayoritas gol Timor Leste tercipta pada babak kedua.

Di sisi lain, Indonesia sendiri dari beberapa pertandingan yang berakhir dengan kekalahan, kebanyakan mengalami kebobolan di atas menit 50 alias pada babak kedua.

Melihat kondisi ini, besar kemungkinan menurunnya kondisi fisik adalah penyebab utama kebobolan. Sebab, fisik yang menurun. menurut fisioterapis timnas Indonesia Matias Ibo, menyebabkan konsentrasi pemain juga menurun. Akibatnya, fokus dalam menjaga dan mengantisipasi pergerakan pemain juga menurun.

Dari latihan selama ini konfisi fisik pemain memang meningkat. Kita lihat saja besok bagaimana di lapangan. Timor Leste dikenal memiliki keunggulan di sisi fisik pemain," tuturnya. (aam/diq)

Key Player


Timor Leste :
Alan Leandro: Pemain kelahiran Brazil dan besar dari pembinaan klub Brazil Fluminense ini cukup tajam di babak kualifikasi AFF lalu. Dia kerap menjadi tumpuan saat tim sedang buntu. Penempatan posisi, gocekan dan tendangannya disebut yang terbaik di tim Timor Leste. Ketajaman dan kualitas Alan juga membuat kepincut juara bertahan ISL Sriwijaya FC yang merekrutnya musim ini.

Indonesia:
Bambang Pamungkas: Striker senior tetapi masih memiliki ketajaman. Kehadiran Bepe yang mulai bergabung di tim ini awal November lalu ternyata tak berpengaruh karena dia biaa cepat adaptasi dengan pengalamannya. Dalam sesi latihan, Bepe terlihat langsung menyatu dan disebut memliki penyelesaian akhir paling baik dibanding striker Timnas lainnya. Selain kualitas, kepeminpinan Bepe juga menjadikannya sebagai pilihan utama pelatih Nilmaizar

BACA ARTIKEL LAINNYA... Uji Pemain Naturalisasi

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler