WhatsApp Bereksperimen Membuat Hukuman Ringan Bagi Pelanggar Aturan

Jumat, 03 Mei 2024 – 15:22 WIB
Ilustrasi pengguna WhatsApp: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pembaruan WhatsApp beta untuk Android versi 2.24.10.5 terdapat fitur baru yang bisa membatasi (restricted) penggunanya berkirim pesan.

Fitur itu ditemukan oleh WABetaInfo, bahwa WhatsApp sedang bereksperimen dengan fitur yang membatasi akun pengguna agar tidak bisa mengirimkan pesan.

BACA JUGA: 3 Keuntungan Gunakan WhatsApp Centang Hijau dari Sukses Mandiri Teknikindo

Pembatasan atau tidak bisa membuat chat baru itu, sebagai bentuk hukuman ringan dari WhatsApp kepada pengguna yang melanggar aturan platform.

WhatsApp memiliki kebijakan yang melarang pengguna terlibat dalam spam, penipuan, atau membahayakan keselamatan pengguna WhatsApp lainnya.

BACA JUGA: WhatsApp Tambah Fitur Acara Baru di Layanan Grup

Hukuman terhadap pelanggaran aturan tersebut ialah pemblokiran akun sehingga pengguna tidak bisa menggunakan WhatsApp lagi.

Nah, untuk versi hukuman ringan atau peringatannya ialah dengan pembatasan tersebut.

BACA JUGA: Pengguna WhatsApp Bisa Mematikan Notifikasi Reaksi Untuk Status

Ketika akunnya dibatasi atau restricted, pengguna tidak akan bisa memulai chat baru selama durasi tertentu sebagai bentuk hukuman sementara.

Meski begitu, akun pengguna yang dibatasi masih bisa menerima pesan, dan membalas pesan di chat individu dan grup yang sudah ada.

Jadi pengguna masih tetap bisa berkomunikasi walau tidak bisa membuat chat baru.

WhatsApp memiliki alat khusus yang berfungsi mendeteksi perilaku pelanggaran seperti spam, pengiriman pesan secara otomatis atau massal, atau aktivitas lainnya yang melanggar aturan.

Perlu dicatat bahwa alat ini tidak bisa membaca pesan pengguna karena dilindungi enkripsi end-to-end.

Alat ini dirancang untuk melihat pola perilaku guna mendeteksi aktivitas yang mencurigakan, seperti frekuensi pengiriman pesan atau apakah ada script otomatis yang digunakan. (theverge/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... WhatsApp Perkenalkan Emoji Mobil Balap F1 Khas Mercedes-AMG Petronas


Redaktur & Reporter : M. Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler