Widodo Berpeluang Tangani U-22

Sabtu, 18 Februari 2012 – 05:05 WIB

JAKARTA - Indonesia yakin bisa menembus putaran final Piala Asia U-22 yang digelar pada 2013 mendatang. Separo kekuatan timnas U-21 dipersiapkan untuk menjadi bagian kekuatan timnas U-22 yang terjun pada babak kualifikasi mulai 23 juni sampai 3 Juli mendatang.
 
Penanggung Jawab Timnas Bernhard Limbong menegaskan bahwa saat ini pihaknya masih menunggu kepastian tuan rumah kualifikasi di grup E yang dihuni oleh Indonesia. Lawan yang akan dihadapi Indonesia nantinya dalah Australia dan Jepang. Selain itu, juga ada Singapura, Makau, dan Timor Leste.

"Kami sekarang sedang berusaha. Peluang untuk lolos tetap ada, karena itu tim harus dipersiapakan dengan matang," ujarnya saat ditemui di kantor PSSI, Jumat (17/2).
 
Sampai saat ini, dirinya telah melakukan diskusi panjang dengan pihak PSSI mengenai kemungkinan komposisi tim. Rencananya, pihaknya bakal menurunkan gabungan timnas U-21 dan timnas U-19.

"Kami punya target tinggi. Tentu saja kami akan cari yang terbaik, tidak hanya mengambil di U-21, bisa jadi di U-19 juga ada yang bagus," terang lelaki berlatar belakang militer tersebut.

Untuk itu, lanjut Limbong, timnas U-21 yang akan bertanding dalam ajang Piala Hassanal Bolqiah mulai 25 Februari nanti dibebani target tinggi. Mereka ditarget menjadi juara sebagai persiapan sebelum tampil di kualifikasi Piala Asia U-22.

Jika mampu membuktikan kualitasnya di turnamen yang diikuti negara Asia Tenggara itu, Limbong optimistis timnas U-22 tidak akan kesulitan mencari skuad.

"Harus dibuktikan di Brunei karena ini sepeti pemanasan. Yang bagus, akan diambil dan digabungkan dengan pemain lainnya dari kelompok usia yang berbeda," tuturnya.

Sejauh ini, sebagai penggung jawab Timnas Limbong sudah memiliki gambaran siapa pelatih yang akan menukangi tim Garuda Muda menuju Kualifikasi Piala Asia. Widodo C Putro, Pelatih timnas U-21 saat ini, dianggap sebagai sosok yang layak untuk menangani timnas U-22.

"Paling tidak kami akan menfaatkan Widodo yang ada di U-21. Karena usia yang akan bermain juga tidak berbeda dengan tim yang ditangani Widodo," tegas Jenderal Bintang satu tersebut.

Sementara itu, Widodo saat dikonfirmasi masih belum bsia berkomentar. Alasannya, sampai saat ini belum ada keputusan resmi dari PSSI terkait tim pelatih dan manajemen untuk timnas U-22.

"Belum ada pemberitahuan tentang itu, Saya fokus kepada Timnas U-21 ini dulu karena sudah dekat evennya," ucap pencetak gol terbaik Piala Asia 1996 tersebut. (aam)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Berharap Ada Playoff Tim Uber


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler