Wiljan Pluim Absen Dua Pekan untuk Jalani Perawatan Lutut Kanan

Selasa, 28 Mei 2019 – 22:53 WIB
Wiljan Pluim. Foto: Fajar

jpnn.com, MAKASSAR - Gelandang PSM Makassar Wiljan Pluim dipastikan absen selama dua pekan karena tengah dibekap cedera lutut kanan. Pemain 30 tahun itu terpaksa pulang kampung ke Belanda untuk menjalani perawatan.

Itu merupakan cedera kambuhan sejak musim lalu. Kondisi itu diperparah dia mendapat benturan kala PSM bersua Semen Padang (20/5).

BACA JUGA: Start Tidak Mulus, Arema FC Diingatkan soal Target

Karena Pluim adalah pilar penting, manajemen PSM enggan memgambil risiko. Mereka memulangkan Pluim ke Belanda untuk menjalani terapi.

Pelatih PSM Darije Kalezic memang sudah melakukan komunikasi dengan Pluim. Kalezic menjelaskan, setidaknya butuh dua pekan bagi pemain kelahiran 4 Januari 1989 itu untuk melakukan terapi.

BACA JUGA: Punya Rekor Positif, Borneo FC Yakin Bisa Raih Poin di Madura

Baca: Tanggapi Curhatan SBY, Fadli Zon: Tidak Usah Baper, Saya Setiap Hari Di-bully

Rencananya, Pluim akan kembali ke Makassar pada tanggal 8 Juni mendatang. Meski begitu, tak ada garansi dari Kalezic untuk langsung memainkan Pluim.

BACA JUGA: Persipura vs PSS Sleman: Skuat Komplet, Wajib 3 Angka

Pelatih asal Swiss itu memang tak mau mengambil risiko. “Saya baru akan memainkan dia (Pluim) kalau kondisinya benar-benar sudah pulih dan siap untuk bermain,” kata pelatih 46 tahun itu. Soal diturunkan atau tidak, Kalezic memang sudah melakukan komunikasi dengan Pluim. “Tidak ada masalah,” tambah Kalezic.

Apalagi, PSM memang akan lebih fokus di ajang AFC Cup 2019 zona Asean. Mereka akan menghadapi tim asal Vietnam, Becamex Binh Duong di babak semifinal (19/6). Praktis, ada kemungkinan Kalezic akan memarkir Pluim dalam laga di Liga 1. Sebab, empat hari sebelum laga kontra Becamex, PSM akan melawan Persipura Jayapura di stadion Andi Mattalatta (15/6). Sangat riskan jika Pluim diturunkan dalam dua laga yang berdekatan.

Baca: Mahasiswa Desak USU Segera Sanksi Oknum Dosen Pelaku Pelecehan Seksual

Tapi, Kalezic belum mamu berpikir soal rotasi pemain di dua laga tersebut. Dia lebih berharap agara pemulihan Pluim di Belanda berjalan lancar. Sehingga diharapkan bisa kembali ke Makassar dengan kondisi siap tempur. “Saya sangat berharap Pluim pulih sebelum laga lawan Becamex. Karena kami sangat membutuhkan tenaganya,” tambah Kalezic.

Pluim pun berharap kondisinya segera membaik. Memang, saat ini dia masih merasa sangat neyri pada lutut kanannya. Tapi, dia yakin terapi yang dijalani di Belanda akan berjalan lancar. “Sepertinya butuh dua pekan untuk terapi. Tapi nanti lihat kondisinya seperti apa. Yang jelas sayaharus menjaga fisik agar tetap bugar selama cedera,” terang mantan pemain tim asal Belanda, Vittese Arnhem itu. (gus)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Madura United vs Borneo FC: Tamu Ogah Kalah, Harus Clean Sheet


Redaktur & Reporter : Budi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler