Wow! Menteri Ini Koleksi Senjata

Selasa, 21 Juni 2016 – 17:25 WIB
Anies Baswedan

jpnn.com - SURAKARTA - Siapa sangka Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan kesengsem berat sama keris pusaka. Hal itu tampak ketika Anies mengunjungi Museum Radiopustoko‎, museum tertua di Indonesia. 

Beberapa saat, Anies sempat terkesima dengan keris-keris kuno peninggalan Kerajaan Surakarta. ‎Rupa-rupanya ayah empat anak ini punya koleksi keris segudang.

BACA JUGA: Mendikbud Minta Guru Wajibkan Siswa Menyanyi

"Kenapa saya suka keris? Ya karena saya senang mengoleksi senjata, macam-macam ada keris, pedang, tombak, dan lain. Ada puluhan pokoknya," ujar Anies memamerkan senyum khasnya, Selasa (21/6).

Dia menyebutkan,‎ keris-keris kuno di Museum Radiopustoko punya nilai sejarahnya tinggi. Tak hanya keris, narasi kuno berusia 1721 terdokumentasi dan tersimpan rapi di museum kuno tersebut.

BACA JUGA: Mendikbud Kunjungi Sekolah yang Kebanjiran

"Museum Radiopustoko adalah tempat yang unik. Dibandingkan tempat-tempat unik lainnya‎ banyak dokumentasi yang hilang karena peristiwa alam, berbeda dengan museum kuno di Surakarta ini," tandasnya. 

Dia menambahkan, sistem kearsipan di Surakarta bisa menjadi contoh bagi daerah lain. Orang-orang Surakarta sudah mem‎ikirkan bagaimana memelihara museum dan yakin suatu saat akan dikunjungi orang. (esy/jpnn)

BACA JUGA: Siswa Dadapsari Pengin Foto Bareng, Mendikbud Minta Syarat

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mendikbud: Kerusakan Sekolah akibar Banjir Diganti Pemerintah


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler