Wow! Tanpa Firman Utina, SFC Siap Tumbangkan Naga Mekes

Sabtu, 05 Maret 2016 – 08:12 WIB
Pemain Sriwijaya FC. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - PALEMBANG – Empat tim sama-sama masih punya peluang lolos babak enam besar dari grup B Piala Gubernur Kaltim. Yakni Sriwijaya FC, Madura United (MU), PS TNI, dan Mitra Kukar.

Namun peluang paling besar milik MU karena sudah kemas 6 poin dari dua laga. Sementara Sriwijaya FC dan PS TNI sama-sama koleksi 3 angka lalu Mitra Kukar belum kantongi poin sama sekali.

BACA JUGA: Tertinggal 10 Poin, ManCity Masih Yakin Bisa Juara

Pada laga pamungkas Sriwijaya FC akan jumpa Mitra Kukar di Stadion Aji Imbut, Tenggarong, Sabtu (5/3) malam (live Trans7 pukul 19.00 WIB).  Duel ini bakal sangat menarik, mengingat keduanya bakal “saling bunuh”. Bagi klub berjuluk Laskar Wong Kito, hanya ada satu kata yakni menang.

Bila kembali terpeleset pada pertandingan ini, bukan tak mungkin Asri Akbar dan kawan-kawan lagi-lagi harus angkat koper paling duluan pada turnamen ini. 

BACA JUGA: Arsenal Semakin Tertinggal Jauh dari Klub Ini

"Mau tak mau, memang kita harus menang. Harus lebih banyak menyerang, untuk dapatkan gol," jelas Asisten Pelatih Sriwijaya FC, Hartono Ruslan, saat dikonfirmasi, kemarin (5/3).

Meski tak akan diperkuat kapten sekaligus motor serangan Firman Utina terkena cedera, head coach Benny Dollo masih memiliki stok gelandang kreatif lain. Sebut saja Amirul Mukminin, Hapit Ibrahim, dan juga Manda Cingi. 

BACA JUGA: Hiddink Ideal jadi Pelatih Permanen Chelsea

Artinya, meski dalam kondisi meragukan, tim bermarkas di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ) ini masih cukup kuat untuk menumbangkan Naga Mekes -julukan Mitra Kukar.

Sedangkan posisi lain, kemungkinan besar tak akan ada perubahan. Dibawah mistar gawang masih jadi milik Dian Agus Prasetyo. Duet Thierry Gathuessi dan Ahmad Jufrianto yang masih cukup fit, bisa kembali diturunkan pada jantung pertahanan.

Disokong dua wingback Saiful Indra disektor kiri dan Supardi kanan. Dua gelandang jangkar Asri Akbar, Yu Hyun Koo bakal mengawal di lini tegah membantu Hapid Ibrahim. Untuk obrak-abrik pertahanan lawan ada trio Bayu Gatra, M Ridwan, dan Alberto" Beto" Goncalves.

"Memang dari hasil pertandingan terakhir (menang 1-0 lawan PS TNI dan kalah 1-2 atas MU), kita ada beberapa evaluasi. Seperti lemahnya pressure, dan juga tekanan-tekanan kedepan. Ini yang terus kita perbaiki sebelum pertandingan nanti. Kita ingin, pemain lebih banyak lakukan tekanan, agar peluang gol itu tercipta," kata pelatih asal Solo itu.

Namun, untuk mengalahkan tim besutan Jafri Satra bukan perkara mudah. Jawara turnamen Piala Jendral Sudirman 2015 itu jelas tak ingin kembali malu di depan publik sendiri. Berisikan pemain-pemain muda bertalenta semisal Risky Pelu, Yanto Basnan, dan Hendra Bayauw, jelas tak mudah untuk mengatasi kecepan-kecepatan pemain ini. 

Mereka juga punya trio Brasil, Arthur Cunna Da Rocha, Adriano Guerra Strack, dan Romario Reginaldo Alves.  

"Itu yang menjadi kelebihan mereka, hampir seluruh pemain di posisinya merata. Apalagi mereka akan main lebih enjoy, karena tak memiliki beban lagi, kita antisipasi mereka akan bermain cukup baik dipertandingan nanti," timpalnya.

Terpisah, Jafri Sastra pelatih Mitra Kukar mengakui, dua kekalahan beruntun pada peyisihan, seakan jadi pil pahit yang harus diterimanya. Meskipun begitu, ia mengaku telah memetik banyak pelajaran dari kekalahan kemarin, untuk dapat berbenah ketika menghadapi Sriwijaya FC dilaga terakhir.

"Ada banyak pelajaran dari hasil yang kita raih di Piala Gubernur Kaltim ini. Kami sadar, harus instropeksi dan melakukan persiapan lebih baik lagi, dalam menghadapi sebuah turnamen, termasuk saat menghadapi Sriwijaya FC nanti," terang pelatih berdarah Padang itu. (cj11/ion/sam/jpnn)

Perkiraan Pemain 

Sriwijaya FC : 4-3-3

Pemain : Dian Agus (PG), Syiful, Thierry, Jufrianto, Supardi, Hyun Koo, Asri Akbar, Hapit, Bayu, Ridwan, Goncalves.

Pelatih : Benny Dollo

Mitra Kukar : 4-3-3

Shahar Ginanjar (PG), Gamal, Yanto Basna, Artur, Yansen, Bayauw, Rizky, Pradana, Siswanto, Ronald, Septian 

Pelatih: Jafri Sastra

BACA ARTIKEL LAINNYA... Bungkam Persegres, PBFC Salip Arema Puncaki Klasemen


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler