Wujudkan Kedaulatan Pangan, Ganjar Bangun Pabrik Teh Premium di Kaki Gunung Gede

Kamis, 05 Oktober 2023 – 14:43 WIB
Ganjar Pranowo mengunjungi desa terpencil di kaki Gunung Gede, Cianjur Jawa Barat. Foto: Tim media Ganjar Pranowo

jpnn.com, CIANJUR - Bakal capres Ganjar Pranowo menginisiasi pembangunan pabrik teh kualitas premium di Desa Tegallega, Kecamatan Warung Kondang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Pembangunan pabrik teh kualitas premium merupakan salah satu program Ganjar, yakni hilirisasi pertanian untuk menuju kedaulatan pangan.

BACA JUGA: Menikmati Malam di Bandung, Ganjar Makan Nasi Goreng hingga Temui Pelukis

Ganjar mengatakan bahwa banyak potensi masyarakat desa yang bisa dioptimalkan.

Contohnya di Tegallega, desa terpencil di kaki Gunung Gede, di mana ada potensi perkebunan teh yang bisa dikelola lebih baik untuk kesejahteraan masyarakat.

BACA JUGA: Bisikan Presiden Jokowi Ini Dinilai Bikin Ganjar Makin Percaya Diri

"Ada yang menarik, ya, di desa ini, ada anak muda milenial yang menggerakkan para petani. Mereka siap membuat pabrik teh dengan produk teh premium atau special tea. Tentu ini contoh kongkret bagaimana kita melakukan hilirisasi pertanian yang kita harapkan untuk meningkatkan kesejahteraan petani. Ini keren," ucap Ganjar saat berkunjung dan menginap di desa terpencil kali Gunung Gede, Cianjur.

Ganjar akan menggandeng Koperasi Desa Sejahtera Indonesia (Kodesi) milik Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Papdesi) di mana mantan gubernur Jawa Tengah itu adalah Dewan Pembinanya.

BACA JUGA: Tepis Anggapan Netizen, Najwa Shihab Tidak Tersinggung Ucapan Ganjar

Menurut Ganjar, pabrik teh itu dikelola bekerja sama dengan Kodesi, koperasi desa binaan Papdesi.

Jika program ini berhasil, kata dia, maka bisa diterapkan dan dikembangkan di desa-desa lain di seluruh Indonesia.

"Sangat mungkin dikembangkan di desa lain, tentu dengan unit usaha dan kearifan lokal masing-masing. Kalau semua bisa melakukan itu, maka bisa kita bayangkan betapa besarnya pendapatan yang dihasilkan. Ini bagian dari hilirisasi produk pertanian yang kita inginkan dan endingnya cita-cita kita mewujudkan kedaulatan pangan bisa tercapai," katanya.

Namun, kata Ganjar, itu semua bukanlah pekerjaan mudah. Pemerintah harus turun tangan dan mendorong agar program-program itu bisa berjalan.

Selain terus melakukan pendampingan, pelatihan dan memberikan kemudahan terhadap akses modal, pemerintah kata Ganjar juga harus menjadi offtaker dari produk yang dihasilkan.

"Kalau mereka sudah jalan dan berproduksi, pemerintah yang harus menjadi offtakernya. Masukkan semua produk ini ke e-katalog dan wajibkan kementerian lembaga hingga pemerintah daerah untuk membeli. Jadi misal ada acara atau menyambut tamu kenegaraan, suguhannya teh apesial hasil karya petani milenial di Cianjur ini," kata dia.

Sementara itu, konsultan pabrik Fery Kurniawan mengatakan pabrik teh itu nantinya akan dikelola oleh anak-anak muda.

"Pabrik teh ini akan memproduksi teh premium yang kami beri merek Teh GP. Itu kepanjangan dari Teh Gede Pangrango, karena wilayah ini ada di kaki gunung Gede dan Pangrango," kata Fery Kurniawan.

Sedangkan pilot project akan mengelola empat hektare kebun teh dan memproduksi 200 kg per hari.

"Untuk harganya, karena ini teh premium maka sangat tinggi. Per 50 kg seharga Rp 150.000 dan per kilogram setara Rp 800.000 sampai Rp 2 juta. Tentu dengan hasil ini akan membuat para petani teh di desa ini makin sejahtera," ucapnya.

Para anak muda petani milenial yang akan dilibatkan dalam program itu mengaki sangat senang. Sebab dengan adanya program pemberdayaan masyarakat ini, maka ekonomi masyarakat yang mayoritas adalah petani teh itu akan bertambah.

"Tentu kami sangat antusias sekali karena pak Ganjar menginisiasi ini untuk masyarakat. Dan kami anak muda dilibatkan menjadi motor penggerak. Harapannya tentu kami anak muda tidak perlu ke kota untuk bekerja, tapi bisa berkarya di desa dengan pendapatan tak kalah dengan mereka yang ada di kota," ucap Nandri Rivaldi (29), salah satu petani milenial Desa Tegallega. (jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kronologi Kecelakaan Mengerikan di Exit Tol Bawen yang Menewaskan 4 Orang


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler