Yakin Akhiri Dominasi Messi

Minggu, 24 Juni 2012 – 09:43 WIB

WARSAWA  - Koleksi tiga gol dan berhasil membawa Portugal ke semifinal Euro 2012 membuat Cristiano Ronaldo makin percaya diri.  Dia yakin bisa bersaing dengan sederet pemain terbaik lainnya dalam perburuan gelar pemain terbaik dunia atau FIFA Ballon d Or.

Meski bukan penentu, namun Ronaldo percaya performa apik yang dipertontonkan selama Euro 2012 bisa membantu dirinya meraih penghargaan individu bergengsi tersebut.

Apalagi, musim lalu dia sudah mencetak 60 gol di seluruh kompetisi bersama Real Madrid.  Pemain 27 tahun itu juga ikut membantu Real memenangi mahkota Liga Primera musim 2011-2012.

Nah, dengan sederet catatan mentereng tersebut, Ronaldo percaya dia bisa mengakhiri dominasi Lionel Messi. Bomber Barcelona dan timnas Argentina itu menjadi pemenang FIFA Ballon d Or dua edisi terakhir.

"Saya puas dengan kinerjaku di Euro 2012.  Saya tidak menilai performa di even ini bisa menentukan bagi saya untuk mendapatkan FIFA Ballon d"Or. Tapi, itu hanya sebatas membantu,"   kata Ronaldo kepada Goal.

Jika Portugal mencapai final dan juara, Ronaldo memang berpeluang besar menjadi pemain terbaik di Euro 2012.  Namun, pengalaman di even-even sebelumnya, pemain terbaik di Euro tak lantas menjadi pemain terbaik Eropa dan dunia.  Empat tahun lalu misalnya.  Pemain terbaik Euro 2008 adalah Xavi Hernandez.  Namun, justru Ronaldo yang meraih Ballon d Or.

Untuk mencapai final, Ronaldo mengaku tak memilih calon lawan di semifinal.  Portugal akan menghadapi pemenang antara Spanyol versus Prancis dini hari tadi WIB.   "Spanyol atau Prancis sama saja.Karena setiap tim punya peluang 50 persen,"   ujarnya.

Sementara itu, bek Portugal Pepe yakin penampilan Ronaldo akan terus membaik. Kritikan yang dilontarkan kepada Ronaldo di awal-awal turnamen justru akan melecut motivasinya.

"Semakin Anda mengkritik, Ronaldo akan semakin kuat,"   kata Pepe.   "Ronaldo itu seakan pemain dari planet lain saat Portugal mengalahkan Belanda dan Republik Ceko,"   lanjut Pepe yang juga kolega Ronaldo di Real Madrid itu. (bas)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Babak Pertama, Spanyol Lebih Perkasa


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler