Yakin Lewati Grup B

Rabu, 13 Juni 2012 – 21:40 WIB
Pemain Tim Nasional Jerman, Andrea Schurrle (kanan) dan wartawan Jawa Pos, M Ilham, di Germany Media Centre, Gdansk, Polandia. FOTO : HENDRA EKA/JAWA POS

JERMAN berangkat ke Euro 2012 sebagai tim dengan rata-rata usia pemain paling muda. Yakni, 24,52 tahun. Di antara beberapa barisan pasukan muda Jerman, yang paling bersinar adalah Andre Schurrle. Pemain Bayer Leverkusen tersebut baru berusia 21 tahun. Memang, dia belum masuk jajaran skuad utama pilihan pelatih Joachim Loew. Tetapi, dalam beberapa kesempatan, Loew memainkan Schurrle sebagai winger atau penyerang lubang.
 
Ketika pemanasan Euro 2012 melawan Israel yang dimenangi Jerman 2-0, mantan pemain Mainz itu mencetak satu gol. Schurrle pun menjadi incaran Chelsea di bursa transfer musim panas ini. Berikut petikan wawancara wartawan Jawa Pos M. Ilham Butsiyanto dengan Schurrle.

Banyak pemain muda hebat di Jerman. Bagaimana kans Anda bermain pada Euro 2012?
Dipanggil timnas Jerman ke Euro 2012 saja rasanya sudah luar biasa. Saya sangat emosional, bangga, dan penuh hasrat. Jantung saya berdebar ketika ketika menyanyikan lagu kebangsaan Jerman. Soal dimainkan, itu urusan pelatih. Menurut saya, itu hanya masalah waktu.
 
Bagaimana persaingan untuk menembus tim utama?
"Saya pikir, semua pemain lebih fokus untuk tim daripada kejayaan pribadi. Saya punya hubungan baik dengan semua pemain dan selalu mendapatkan momen-momen yang menyenangkan bersama timnas Jerman. Sejauh ini saya sudah mencetak tujuh gol dari penampilan saya di timnas (14 laga) dan saya tahu saya harus terus membuktikan sesuatu bersama tim ini.
 
Jerman adalah favorit juara. Apakah hal itu menjadi beban?
"Seingat saya, kami memang selalu difavoritkan di setiap turnamen. Jadi, tidak perlu terlalu terbebani. Justru para pemain sangat percaya diri. Apalagi setelah kemenangan pada pertandingan pertama (lawan Portugal). Itu sangat memompa semangat kami. Awal yang bagus.
 
Siapa pesaing terberat bagi Jerman untuk juara?
"Spanyol tentu, mereka juara bertahan. Lalu, Italia mengejutkan pada pertandingan pertama. Di grup B, saya pikir semua lawan berat, tetapi kami akan melewatinya. Kemenangan Denmark (saat melawan Belanda) menunjukkan mereka tidak boleh disepelekan.
 
Saya dengar Anda diminati banyak klub. Anda sering dikaitkan dengan Chelsea?
Saya dengar itu. Tetapi, ini bukan saat tepat untuk membicarakannya. (*/c8/ca)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Inilah Performa Jerman


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler