Raih Suara Signifikan, Caleg Partai Golkar Firnando Ganinduto Lulus ke Senayan

Sabtu, 09 Maret 2024 – 09:56 WIB
Caleg DPR RI Partai Golkar Daerah Pemilih (Dapil) I Jawa Tengah (Jateng) Firnando H Ganinduto bersama para pendukungnya. Foto: Dokumentasi pribadi

jpnn.com, JAKARTA - Caleg DPR RI Partai Golkar Daerah Pemilih (Dapil) I Jawa Tengah (Jateng) Firnando H Ganinduto diprediksi mengunci satu kursi DPR dan lulus ke Senayan dengan raihan suara signifikan.

Berdasarkan pleno tingkat kabupaten/kota dan provinsi, caleg nomor urut 4 ini meraih 63.881 suara unggul atas rekan separtainya, caleg nomor urut 1 Jacobus Dwihartanto yang meraih 63.279 suara, nomor urut 5 Mujib Rohmat yang meraih 38.867 suara, nomor urut 2 M Iqbal Wibisono yang meraih 14.607 suara dan nomor urut 3 Diah Sulistyani Ratna Sediati yang meraih 8.410 suara.

BACA JUGA: Rudi Hartono Bangun Pimpin Perolehan Suara Pileg untuk DPR RI 2024 di Dapil III Sumut

Ketua Relawan Firnando untuk DPR RI Idham Noor Fadli menegaskan akan terus menjaga dan mengawal suara Firnando hingga tingkat nasional KPU Pusat.

Hal ini merupakan bagian dari menjaga amanah suara rakyat yang diperoleh melalui pileg.

BACA JUGA: Real Count KPU Pileg DPRD DKI Jakarta: Perolehan Suara PSI Mengalahkan PKS & Gerindra

“Kami, relawan Mas Firnando terus mengawal hasil penghitungan suara tersebut supaya terjaga keasliannya atau kemurniannya. Mulai dari TPS sampai dengan di tingkat nasional,” ujar Idham.

Dia pun mengingatkan semua pihak agar bersama-sama  menjaga fairness dari pileg ini.

BACA JUGA: Yosafat Sani: Orang Papua Tetap Sukseskan Pileg dan Pilpres

Tidak boleh curang mengingat suara rakyat harus dihargai sebagai penyampai kehendaknya.

“Caleg harus bertarung fair dan jangan saling sikut-sikutan antarsesama caleg Golkar. Vox populi, vox dei (suara rakyat adalah suara Tuhan),” ujar Idham.

Hingga saat ini, menurut Idham, Firnando berada di posisi pertama.

Berdasarkan data yang ada, terdapat selisih suara yang signifikan dari caleg Golkar Dapil I Jateng  ini dengan caleg lainnya yang berada di posisi kedua.

Oleh karena itu, dia pun optimistis Firnando H Ganinduto lolos ke Senayan.

“Selisih dengan caleg peraih suara terbanyak kedua jumlahnya sangat signifikan. Karenanya, saya yakin Mas Firnando melenggang ke Senayan dan dapat kursi di DPR RI,” tandasnya.

Berdasarkan PKPU Nomor 6 Tahun 2023, Dapil Jateng I meliputi wilayah Kabupaten Semarang, Kabupaten Kendal, Kota Salatiga, dan Kota Semarang.

Alokasi kursi DPR RI untuk Dapil Jateng 1 ini sebanyak 8 kursi.

Idham menjelaskan, timnya memiliki data yang valid soal perolehan suara Firnando.

Hasil rekapitulasi penghitungan suara di tingkat Kabupaten dan Kota, sudah sesuai dengan hasil sidang pleno di kabupaten/kota (D2).

“Kami punya data yang lengkap dan valid, mulai data C1, D1, D2, D3. Dan, kami menang,” ujar Idham.

Dia mengungkapkan berdasarkan data D1 dari 59 kecamatan di Dapil I Jateng 1 Firnando unggul.

Telah disahkan pula data D hasil tingkat provinsi Jawa Tengah (D3), Firnando unggul dari akumulasi 4 wilayah yang meliputi Kota Salatiga, Kota Semarang, Kabupaten Semarang, dan Kabupaten Kendal.

“Insyaallah tidak ada perubahan yang signifikan dan Mas Firnando unggul di Dapil I Jateng 1 untuk Caleg DPR RI dari Partai Golkar,” ujar Idham.(fri/jpnn

Video Terpopuler Hari ini:


Redaktur & Reporter : Friederich Batari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler