Yamaha Musik Gelar Lomba Pianica Nasional 2023, Ini Persyaratannya

Sabtu, 04 November 2023 – 15:30 WIB
PT Yamaha Musik Indonesia Distributor bekerja sama dengan Puspresnas Kemdikbudristek dan PB PDBI menggelar Lomba Pianica Nasional 2023. Foto: Dok. Yamaha Musik Indonesia

jpnn.com, JAKARTA - Lomba Pianica Nasional 2023 resmi diselenggarakan oleh PT Yamaha Musik Indonesia Distributor.

Yamaha Musik bekerja sama dengan Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemdikbudristek dan Pengurus Besar Persatuan Drum Band Indonesia (PB PDBI) yang merupakan induk organisasi untuk olahraga drum band, marching band di bawah naungan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat.

BACA JUGA: Ini Daftar Harga Tiket Konser Andi Rianto The Sound Of Colors II

Lomba Pianica Nasional 2023 menyasar pada peserta tingkat sekolah dasar yang dilangsungkan mulai periode 1 Oktober hingga 31 Desember 2023.

Pemenang lomba akan diumumkan pada 31 Januari 2024 di Portal Kemdikbudristek dan Yamaha Musik Indonesia.

BACA JUGA: Yamaha Musik Indonesia Meluncurkan DM7 Series, Spesifikasi Tinggi 

Adapun Lomba Pianica Nasional 2023 melombakan dua kategori yaitu kategori Solo dan kategori Ansembel.

Tema yang dipilih pada lomba itu yakni 'Ekspresikan Cinta Tanah Air dan Budaya Indonesia dengan Bermusik Pianica'.

BACA JUGA: Keseruan Berburu Sneaker di Hari Pertama USS 2023

Cara mengikuti lomba yakni peserta harus mengisi form pendaftaran online dan mengunggah video di YouTube dengan format judul sesuai arahan penyelenggara.

Bapak Hendarman M.Sc.,Ph.D selaku Plt. Kepala Puspresnas (Kapus) menyatakan dukungannya terhadap kegiatan tersebut.

"Kegiatan ini sangat penting karena menyasar pada peserta anak-anak SD, karena bakat-bakat itu dimulai pada usia muda dan itu lebih mudah untuk ditumbuhkembangkan. Saya berharap lomba-lomba seperti ini bisa diikuti oleh seantero Nusantara, jadi tidak hanya dari pulau Jawa saja," kata Hendarman dalam keterangan resmi.

Pihak PT Yamaha Musik Indonesia Distributor sebagai penyelenggara lomba sangat menyambut positif dukungan dari pemerintah melalui Puspresnas.

Penyelenggara berharap lomba ini dapat memfasilitasi sekaligus memicu motivasi, baik para pengajar seni bermain Pianica, maupun bagi siswa ajar bermain Pianica karena lomba yang diselenggarakan dengan baik juga dapat menjadi wadah benchmarking yang efisien dan efektif.

Presiden Direktur PT Yamaha Musik Indonesia Distributor, Osamu Izawa sangat mengapresiasi kesempatan yang diberikan untuk berkontribusi terhadap pendidikan musik di Indonesia, yang merupakan salah satu kegiatan CSR (Corporate Social Responsibility) dari Yamaha Musik.

"Semoga ajang kompetisi ini bisa menjadi wadah pengembangan bakat dan prestasi peserta didik di bidang seni (Seni Musik)," jelasnya.

Sementara itu, Marsma TNI Ronny Irianto Moningka (Ketua Umum) Pengurus Besar Persatuan Drum Band Indonesia (PB-PDBI) menyambut baik kegiatan lomba tersebut.

Sebab, Pianica merupakan salah satu alat musik penunjang kegiatan drum band maupun marching band baik di sekolah maupun di komunitasnya.

Kegiatan lomba seperti ini juga menciptakan ekosistem yang baik sehingga satuan pendidikan (sekolah) termotivasi untuk mengembangkan talenta peserta didik di sekolah dan kemudian bisa lanjut ke ajang-ajang tingkat yang lebih tinggi.

Lomba Pianica Nasional 2023 menyiapkan hadiah jutaan rupiah untuk para pemenang. 

(ded/jpnn)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler