Yandri Susanto Ungkap Strategi PAN Kejar Target 65 Kursi DPR, Zulhas Sampai Turun Gunung

Minggu, 26 Februari 2023 – 21:58 WIB
Waketum PAN Yandri Susanto mengungkapkan strategi partainya mengejar target 65 kursi DPR di Pemilu 2024. Foto: Dokumentasi PAN

jpnn.com, SEMARANG - Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Yandri Susanto menyebut partainya menargetkan meraih 65 kursi DPR pada Pemilu 2024.

Hal itu disampaikan Yandri Susanto yang sekarang juga menjabat sebagai Wakil Ketua MPR RI dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pemenangan Pemilu 2024 di Semarang, Minggu (25/2).

BACA JUGA: Erick Thohir Dinilai Layak Mengisi Posisi Cawapres dari PAN

Dalam arahannya, Yandri Susanto mengatakan Rakornas Pemenangan Pemilu 2024 ini merupakan kelanjutan dari acara serupa yang digelar pada Februari 2022 di Jakarta.

Rakornas Pemenangan Pemilu ini digelar PAN saat tahapan pemilu memulai persyaratan pencalegan.

BACA JUGA: Hadiri Best of The Best Al Azhar Serang, Yandri Susanto Sampaikan Sejumlah Harapan

"Kami telah mencanangkan untuk DPR RI sebanyak 65 kursi," sebut Yandri Susanto di depan ribuan kader PAN.

Menurut Yandri, target 65 kursi DPR tidak mengada-ada lantaran sudah dilakukan pemetaan secara detil, antara lain mencermati jejak kursi yang pernah diperoleh PAN pada Pemilu sebelumnya.

BACA JUGA: Pemerintah Usulkan Biaya Haji 2023 Rp 69 Juta, Yandri Susanto: Itu Belum Final

"Saat ini kursi PAN di DPR RI sebanyak 44 kursi, tetapi banyak daerah pemilihan yang saat ini tidak ada wakil PAN. Pada masa lalu ada wakil dari PAN, artinya ada jejak kursi yang diraih PAN," kata anggota DPR dari Dapil Banten II itu.

Yandri mencontohkan Provinsi Jawa Tengah yang selama empat kali Pemilu, PAN selalu meraih 8 kursi.

Namun pada Pemilu 2019, PAN sama sekali tidak meraih kursi DPR atau 0 kursi dari Jawa Tengah.

"Delapan kursi hilang," tegasnya.

Yandri menyampaikan ini juga yang menjadi alasan PAN menggelar workshop dan Rakornas Pemenangan Pemilu 2024 di Semarang, Jawa Tengah.

"Kami ingin mengembalikan delapann kursi PAN di DPR RI dari Jawa Tengah. Kami ingin membangkitkan kembali semangat kader PAN di Jateng. Tujuannya agar target raihan kursi DPR bisa tercapai dan terisi," ujar Yandri Susanto.

Bahkan, lanjut Yandri, untuk memenuhi target itu, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan alias Zulhas sampai 'turun gunung' dengan pindah daerah pemilihan dari Dapil Lampung I ke Dapil Jateng I, meliputi kota Semarang, Kabupaten Semarang, Salatiga dan Kendal untuk memastikan kursi PAN dari Jawa Tengah.

"Ketua umum akan memimpin 'pertarungan' di Jawa Tengah. Ada caleg mantan Kapolda, purnawirawan, artis, dan lainnya. Kami akan kembalikan delapan jumlah kursi PAN DPR RI," ungkapnya.

Yandri menambahkan target 65 kursi DPR sudah di-mapping dan didistribusikan, tinggal mengatur caleg-caleg untuk provinsi, kabupaten, dan kota.

"Kami minta para caleg untuk melengkapi persyaratan, karena DCS akan diumumkan pada 20 Agustus 2023. Kami akan memulai pemberkasan," pesannya.

Yandri juga menegaskan bahwa dalam Rakornas Pemenangan Pemilu ini kembali ditegaskan bahwa urusan calon presiden dan calon wakil presiden diserahkan secara penuh kepada Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.

"Kami akan mempertegas kembali dalam Rakornas ini mengingat dinamika, komunikasi, konsolidasi masih sangat dinamis menuju pendaftaran capres dan cawapres," pungkasnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo membuka secara resmi workshop dan Rakornas Pemenangan Pemilu 2024 yang digelar PAN pada Minggu (26/2) pagi.

Hadir dalam acara pembukaan, yakni Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Mensesneg Pratikno, Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, sejumlah artis PAN, pengurus DPW, dan sekitar 2.400 kader PAN. (mrk/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler