Yaya Favorit Pemain Terbaik Afrika

Minggu, 18 Desember 2011 – 10:29 WIB

KINERJA hebat Yaya Toure bersama Manchester City membawa namanya dinominasikan sebagai pemain terbaik Afrika 2011 versi CAF (konfederasi sepak bola Afrika)Gelandang timnas Pantai Gading tersebut difavoritkan meraihnya.

Namun, dia harus bersaing dengan empat nominator lainnya seperti gelandang Olympique Marseille asal Ghana Andre Ayew, Samuel Eto"o (Anzhi Makhachkala/Kamerun), Seydou Keita (Barcelona/Mali), dan Moussa Sow (Lille/Senegal).

Penentuan nominator didasarkan pada voting yang dilakukan para pelatih atau direktur teknik dari anggota asosiasi yang bernaung di bawah CAF

BACA JUGA: Dulu Barca, Kini Santos

Pada 22 Desember nanti, akan diumumnya siapa yang pantas menjadi pemain terbaiknya.

Pengumunan akan dilaksanakan di Accra, Ghana
Ini merupakan kali ketiga acara penganugerahan pemain terbaik Afrika dilaksanakan di Accra setelah 2006 dan 2009

BACA JUGA: Waluyo Terancam Absen Lawan Pelita

Tak heran, banyak yang menjagokan Ayew sebagai favorit lainnya.

Bahkan, Ayew sudah lebih dulu mengungguli Toure, Eto"o, Keita, dan Gervinho (Arsenal/Pantai Gading) dalam pemilihan pemain terbaik Afrika 2011 versi BBC
Ayew terpilih dan menjadi pemain Ghana kelima yang meraihnya setelah ayahnya Abedi Pele, Samuel Kuffour, Michael Essien, dan Asamoah Gyan.

Memang, kemenangan itu bukan jaminan bagi Ayew untuk kembali menang di pemilihan pemain terbaik versi CAF

BACA JUGA: Klub Brazil Selalu Menang di Final

Apalagi, pada musim ini Toure bersama City sedang on fireMeski terlempar dari Liga Champions, tapi mereka masih berkuasa di Premier League.

Terlepas dari nominasi pemain terbaik Afrika, Toure juga diharapkan Roberto Mancini, manajer City, agar bisa bergabung agak telat ke timnas Pantai Gading jelang Piala Afrika 2012 yang berlangsung pada 21 Januari-12 Februari tahun depan.

Mancini berharap, Toure bersaudara, Yaya dan Kolo, bisa membela City pada laga Premier League melawan Wigan Athletic pada 16 Januari sebelum berangkat membela negaranyaPermohonan sudah diajukan Mancini kepada Pantai Gading.

Sebelumnya, City telah mendapatkan dispensasi khusus supaya duo Toure itu bisa memperkuat The Citizens, julukan City, pada babak ketiga Piala FA melawan Manchester United (8/1) dan first leg semifinal Piala Carling melawan Liverpool (11/1)

"Kami berharap mereka masih ada ketika menghadapi WiganBila bisaMelawan Wigan hanya satu pekan sebelum turnamen berlangsungBagi kami kehilangan Toure bersaudara sangat berpengaruh," kata Mancini, seperti dikutip Guardian(ham)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tren Positif Berlanjut


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler