Yayasan Muslim Sinar Mas Land Gelar Program BBQ Bersama 50 Masjid di Balikpapan

Senin, 25 April 2022 – 12:58 WIB
Senior VP Corporate Communications Sinar Mas Land & Sekretaris Umum YMSML Panji Himawan menandatangani kerja sama dengan didampingi Kalimantan & Sulawesi Division Head Sinar Mas Land Limjan Tambunan, Direktur LPPTKA Kota Balikpapan Ahmari Siddiq, dan Ketua BPKRMI Muslikh Umar pada Minggu (24/4) di Marketing Gallery Grand City Balikpapan. Foto: Humas Sinar Mas Land

jpnn.com, BALIKPAPAN - Pada momen Ramadan, Sinar Mas Land melalui Yayasan Muslim Sinar Mas Land (YMSML) memprakarsai program cara cepat membaca Al-Qur’an bernama Berantas Buta Al-Qur’an (BBQ) 2022.

Program itu digelar untuk mempelajari, membaca, memahami, dan mengamalkan Al-Qur’an.

BACA JUGA: Yayasan Muslim Sinar Mas Land Wakafkan 1.000 Al-Qur’an kepada Dharma Wanita

YMSML bekerja sama dengan Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kota Balikpapan untuk menyelenggarakan program BBQ 2022.

Program yang bekerja sama dengan Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) dan Yayasan Mama Papa ini diluncurkan pada Minggu (24/4) di gedung Marketing Office Grand City Balikpapan, Kaltim.

BACA JUGA: Sinar Mas Land Hadirkan Residensial Baru Bernuansa Tropical Modern Resort di BSD City

Kegiatan BBQ tahun ini merupakan yang keempat kali sejak diluncurkan pertama pada 2018.

Senior VP Corporate Communication Sinar Mas Land yang juga menjabat Sekretaris Umum YMSML Panji Himawan mengatakan, BBQ setiap tahun diadakan.

BACA JUGA: Sinar Mas Land Berikan Beasiswa Coding Kepada Puluhan Pemuda-Pemudi di Tangerang

''Kami dalam program ini memperkenalkan metode cepat membaca Al-Qur’an kepada umat muslim di Kota Balikpapan,'' ujarnya.

Senior VP Corporate Communications Sinar Mas Land memberikan kata sambutan dalam acara pembukaan program BBQ 2022 di Balikpapan, Kalimantan Timur.

Pihaknya berharap program BBQ menjadi solusi umat Islam dalam mempelajari dan membaca Al-Qur’an dengan mudah serta menyenangkan.

''Kegiatan BBQ melanjutkan dan melengkapi program Wakaf Al-Qur’an untuk Negeri yang secara berkala dilaksanakan YMSML,” ungkapnya.

Ketua BKPRMI Kota Balikpapan Muslikh Umar menyampaikan, pihaknya menyambut baik kolaborasi program BBQ yang diprakarsai YMSML.

''Terima kasih telah mempercayakan tim BKPRMI Balikpapan untuk menjadi bagian dari pengenalan cara cepat membaca Al-Qur’an kepada umat muslim,'' katanya.

BKPRMI berharap program ini terus berlanjut di seluruh penjuru Nusantara agar dapat membangun generasi muda Islam yang berkarakter qur’ani dan akhlakul karimah.

Program BBQ memberikan pelatihan atau training of trainer (ToT) secara intensif kepada ustaz dan guru mengaji selama tiga jam.

Ketua BPKRMI Balikpapan Muslikh Umar dan Senior VP Corporate Communications Sinar Mas Land Panji Himawan menyerahkan buku dan alat peraga kepada perwakilan guru mengaji dari sejumlah masjid di sekitar Grand City Balikpapan.

Selama pelatihan, para peserta dibekali buku panduan dan alat peraga agar mudah memahami metode tersebut.

Selanjutnya, ustaz atau guru mengaji menerapkan metode pengajaran dengan sistem Mama Papa kepada anak didik mereka.

Pencipta dan Penulis Buku Metode Mama Papa Ustaz Muhammad Taslim menambahkan, buku Metode Membaca dan Al-Qur’an Mama Papa ini diperkenalkan kepada masyarakat sejak 1999.

Buku ini memperkenalkan 29 huruf hijaiyah dengan menggunakan pendekatan cerita dan bahasa sehari-hari sehingga mudah dipahami.

''Terdapat empat cerita utama yang memperkenalkan huruf hijaiyah. Cara ini membuat anak-anak mudah menghafal huruf tersebut dalam waktu singkat,” ungkapnya.

Program BBQ dimulai Minggu (24/4) dan ditutup bertepatan dengan perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW pada 8 Oktober.

Pada acara tersebut, diselenggarakan lomba baca Al-Qur’an antaranak didik dari 50 masjid yang mengikuti BBQ dengan kategori usia 4-15 tahun dan total hadiah Rp 42 juta.

Tahun sebelumnya, puncak acara BBQ adalah lomba baca Al-Qur’an dengan metode Mama Papa yang diikuti 3.404 murid TPA di sekitar BSD City, Kota Wisata Cibubur, Legenda Wisata Cibubur, dan Grand Wisata Bekasi.

Program BBQ dilaksanakan sebagai bentuk kegiatan sosial keagamaan bagi warga masyarakat di sekitar lingkungan proyek Sinar Mas Land. (mrk/jpnn)


Redaktur : Tarmizi Hamdi
Reporter : Tarmizi Hamdi, Tarmizi Hamdi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler