Yoga Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan, Terutama..

Selasa, 28 Mei 2019 – 23:48 WIB
Yoga. FOTO: Laman India Times

jpnn.com - Kehilangan berat badan melalui yoga mungkin terdengar hal yang sulit dipercaya. Pasalnya, yoga tampak seperti kebalikan dari sirkuit latihan interval intensitas tinggi (HIIT) cepat atau latihan angkat berat, dua jenis latihan yang biasanya direkomendasikan untuk menurunkan berat badan.

Kelas yoga membuat tubuh Anda merasa benar-benar berbeda. Yoga juga lebih dikenal baik untuk kesehatan mental, membantu Anda mengatasi stres dan kecemasan ketimbang penurunan berat badan.

BACA JUGA: 4 Kiat Turunkan Berat Badan yang Benar

"Yoga bisa menjadi sumber latihan yang baik," kata Jorianne Numbers, MS, seorang ahli fisiologi olahraga di Northwestern Medicine, seperti dilansir laman MSN, Minggu (26/5).

Pada tingkat paling dasar, yoga adalah suatu bentuk gerakan yang membantu membakar kalori, yang merupakan bagian utama dari penurunan berat badan (meskipun jumlah persisnya yang dibakar akan tergantung pada tinggi, berat, dan jenis kelamin).

BACA JUGA: Benarkah Teh Hijau Bisa Kurangi Lemak Tubuh?

Latihan yang efektif juga menumbuhkan hubungan pikiran-tubuh yang membuat Anda lebih penuh perhatian dalam setiap aspek kehidupan Anda.

"Yoga membawa Anda ke tingkat kesadaran yang lebih tinggi," jelas Lara Heimann, ahli terapi fisik, instruktur yoga, dan pendiri Metode LYT, program sertifikasi yoga.

BACA JUGA: 8 Makanan Penurun Kadar Kolesterol

Bergerak melalui berbagai posisi meningkatkan kesadaran Anda akan tubuh Anda, dan itu bisa menerjemahkan kebiasaan penurunan berat badan yang efektif lainnya, seperti makan sehat, yang merupakan kunci untuk menurunkan berat badan, apa pun latihan yang Anda lakukan.

Kesesuaian dan kehati-hatian adalah yang bisa membuat yoga lebih efektif untuk menurunkan berat badan daripada bentuk olahraga lainnya. Yoga telah lama dianggap sebagai cara yang efektif untuk menghilangkan stres, dan rupanya hal itu bisa menjadi alat penurunan berat badan.

Memiliki kehidupan yang kurang stres, dan lebih sedikit hormon stres seperti kortisol bisa membantu siapa pun menjalani gaya hidup yang lebih sehat.

Kortisol adalah stimulan nafsu makan, oleh karena itu mengapa kita cenderung makan (dan makan berlebihan) ketika kita sedang stres dan menginginkan makanan yang tidak sehat pada khususnya. Latihan yoga santai bisa membantu Anda mengatasi stres dengan cara yang lebih sehat dan bahkan menghindarinya, dan mencegah kenaikan berat badan yang terkait secara bersamaan.

Jika Anda mencari pembakaran kalori murni, para ahli sepakat bahwa yoga vinyasa yang bergerak cepat adalah praktik yang harus dipilih.

Mengikuti kelas yoga vinyasa akan membawa Anda melalui berbagai gerakan, dengan fokus mengintegrasikan inti Anda dan menahan beban pada tangan dan kaki Anda.

Semakin banyak otot yang Anda bangun, maka akan semakin banyak kalori yang akan Anda bakar bahkan setelah Anda selesai berolahraga. Dalam yoga kekuatan, ada lebih sedikit meditasi dan lebih fokus pada pose berdiri dan gerakan lebih cepat.

Jantung Anda akan memompa lebih keras daripada di kelas vinyasa, yang merupakan kabar baik untuk menurunkan berat badan.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... 4 Trik Jalani Puasa Sekaligus Menurunkan Berat Badan


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler