YouTuber ini Berbagi Tips Cara Mendapatkan Resident Visa di New Zealand

Minggu, 26 September 2021 – 15:04 WIB
YouTuber Andy Judah Saputra di New Zealand. Foto: Dok pribadi for JPNN

jpnn.com - Vlog atau video blog tentang kehidupan warga Indonesia yang tinggal di luar negeri menjadi salah satu konten menarik dan penuh inspirasi untuk ditonton di platform YouTube apalagi tak sedikit yang menjadi YouTuber.

Para penonton seolah diajak berjalan-jalan di negara tersebut, belajar bahasa serta budaya baru, mengagumi keindahan alamnya, dan berbagi banyak cerita luar biasa lainnya.

BACA JUGA: Kabar Gembira, WNI Bisa Kunjungi Negara Ini Tanpa Visa

Aktivitas tersebut yang juga gemar dilakukan oleh seorang YouTuber bernama Andy Judah Saputra, warga asal Surakarta yang sudah tinggal di New Zealand sejak 2013 hingga saat ini.

Melalu channel Andy Saputra, dia membagikan inspirasi, cerita, perjuangan, dan kehidupannya di New Zealand bersama keluarganya.

BACA JUGA: PM Jacinta Ardern Minta Maaf atas Tindakan Rasis Polisi New Zealand Tahun 1970-an

Bila kamu juga seseorang yang terpesona dengan keindahan the land of the long white cloud New Zealand dengan pemandangan pegunungan tinggi, pantai yang bersih, langit yang cerah, maka kamu bisa menontonnya melalui kanal YouTube Andy Saputra—tepatnya dalam playlist khusus NZ Life Vlog.

Andy juga membagikan tips tentang cara mendapatkan resident visa New Zealand bagi orang Indonesia, pengalaman sekolah di luar negeri, gaya hidup, dan tantangan selama tinggal di negeri Aotearoa tersebut.

BACA JUGA: Ada Kehangatan dan Menu Khas Lebaran di Tengah Hawa Dingin New Zealand

Awal Perjuangan Hingga Menetap di New Zealand

Andy Saputra adalah salah satu dari orang beruntung yang bisa berhasil mewujudkan mimpinya untuk tinggal dan menetap di luar negeri dengan kehidupan yang cemerlang.

Cerita di mulai dari tahun 2006, Andy bekerja sebagai Technical Director di salah satu perusahaan teknologi di Indonesia.

Seiring berjalannya waktu, Andy merasa perkembangan bisnisnya di Indonesia jauh dari ekspektasinya.

Hingga pada 2013, Andy berpikir untuk pindah ke negara lain seperti Australia, Kanada, Norwegia, atau New Zealand.

Akhirnya, Andy pun memutuskan untuk mulai mengadu nasib di New Zealand karena itu adalah negara yang memesona, aman, serta dinilai memiliki syarat dan ketentuan yang tidak terlalu rumit bagi orang asing yang ingin menetap di sana.

Andy menempuh pendidikan jurusan IT selama 2 tahun untuk mendapatkan student visa di New Zealand. Setelah lulus di akhir  2015, Andy mendapat work visa yang berlaku selama 2 tahun.

Hanya kurang dari 1 tahun tepatnya pada pertengahan tahun 2016, Andy sudah berhasil mendapatkan visa penduduk (resident visa) dikarenakan sudah memiliki pekerjaan tetap, dikutip dari kanal YouTube-nya.

Andy juga memberikan tips mudah cara mendapatkan resident visa hanya dengan bekerja kurang dari satu tahun di sana, yaitu dengan mengambil pekerjaan yang sesuai dengan latar belakang pendidikan.

Misal lulusan IT, maka harus mendapat jenis pekerjaan IT juga. Andy menambahkan bahwa orang yang ingin bermigrasi ke New Zealand harus mendapatkan pekerjaan permanen dan bertahan di sana hingga mendapat resident visa.

"Tantangan hidup di New Zealand sebagai pendatang adalah awalnya merasa homesick dalam 3-6 bulan pertama, kangen juga makanan Indonesia, terkadang ada keterbatasan bahasa, dan harus adaptasi budaya tetapi semuanya bisa diimbangi dengan baik. Sementara senangnya hidup di NZ adalah akses kesehatan dan pendidikan gratis, udara yang segar dan minim polusi, serta pemegang visa resident akan mendapat subsidi biaya hidup bila kehilangan pekerjaan atau menganggur walaupun tidak ada yang mau begitu”, ujar Andy Saputra.

Berbagi Kehidupan Harian di New Zealand Melalui Vlog YouTube

Awalnya Andy sudah memiliki akun YouTube di tahun 2010 dan suka membagikan konten-konten terkait bidang otomotif, gaming, dan konten random lainnya.

Setelah menikah dan memiliki anak dengan sang istri Thirza Saputra di 2017, Andy dan istri mulai merekam momen kebersamaan mereka dan membagikan seperti apa kehidupannya di New Zealand untuk keluarga, teman-teman, hingga mendapat banyak dukungan dari orang Indonesia lainnya yang ternyata tertarik dengan New Zealand.

Selain itu, keluarga Andy Saputra juga membuat konten series yang merekam aksi lucu dan menggemaskan anak-anaknya: Jayden Saputra sang putra sulung bersama Jensen Saputra sang adik. 

Terletak di barat daya Samudera Pasifik, New Zealand memang negara yang sangat memesona dan tercatat sebagai salah satu pusat destinasi wisata paling top di dunia.

“Memiliki 4 musim, summer tidak terlalu panas, di autumn daun berguguran dan terlihat indah di perkotaan, winter yang dingin tetapi tetap hangat bersama keluarga, dan spring yang sejuk," tutur kata Andy Saputra.

Menurutnya, orang-orang bisa mengunjungi South Island NZ untuk mendapat pengalaman salju dan ski paling menakjubkan selama musim dingin, atau pergi ke North Island untuk menikmati musim dingin yang sejuk dan membahagiakan.

New Zealand juga pernah dinobatkan oleh Global Peace Index 2018 sebagai negara paling aman di dunia.

Tidak heran kenapa Andy Saputra, istri, dan kedua anaknya merasa begitu tenang dan damai hidup di sana, seperti yang terekam dalam berbagai konten video di akunnya.

"Melalui konten YouTube NZ Life Vlog saya, semoga cerita kami bisa memberi inspirasi dan dinikmati oleh masyarakat luas atau penduduk lokal di NZ yang memiliki pasangan orang Indonesia," sambungnya.

Bila tertarik dengan New Zealand mulai dari budaya, pekerjaan, rekomendasi sekolah, biaya hidup, tempat wisata, kehidupan masyarakat lokal, tips mendapatkan visa penduduk, dan hal-hal di antaranya, silakan sapa Andy Saputra di kanal YouTube tersebut. (flo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler