YouTuber Kaisar Kumis Rela Keliling Indonesia demi Mempromosikan UMKM Daerah

Minggu, 06 September 2020 – 21:12 WIB
YouTuber Kaisar Kumis keliling Indonesia. Foto: tangkapan layar YouTube

jpnn.com - Banyak cara untuk yang di lakukan para yutuber dalam membuat konten agar menarik masyarakat.

Salah satunya Rakha Maulana Muhtadi yang dikenal dengan Kaisar Kumis nekat melakukan tour keliling Indonesia bersama istrinya Yessy hanya dengan mengendarai mobil Honda Brio.

BACA JUGA: Ganjar Angkat Jempol untuk UMKM Jateng yang Berusaha Bertahan di Tengah Pandemi Covid-19

Jelas saja dia keliling Indonesia sambil membuat konten untuk akunnya di YouTube. Namun, ada yang berbeda kali ini. Dia mengusung konsep keliling Indonesia sambil mempromosikan UMKM yang ada di tiap daerah.

Menurut Rakha tersendatnya kegiatan ekonomi imbas penularan virus corona di Indonesia dinilai paling memengaruhi pelaku usaha sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang tingkat permodalannya terbatas. Padahal, sektor ini malah banyak menyerap tenaga kerja.

BACA JUGA: 5 Berita Terpopuler: Puan Maharani Bikin Malu PDIP? Pernyataan Menag Bikin Panas

"Untuk itu, diperlukan upaya nyata dari pemerintah dalam menyelamatkan sektor usaha ini. Melalui tur keliling Indonesia aku akan melakukan interaksi dengan pelaku UMKM sekaligus mempromosikan UMKM daerah yang aku singgahi dalam konten Pemersatu Bangsa," ujar Kaisar Kumis dalam keterangan pers di Jakarta pada Minggu (6/9).

Menurut YouTuber bertato ini apa yang dilakukan adalah murni keinginannya sendiri untuk turut mengangkat dan mengembangkan UMKM daerah.

BACA JUGA: Menkop UKM: Toko Kelontong dan UMKM Jangan Menyerah

“Ini murni dari lubuk hati aku terdalam, turut mengangkat UMKM di tiap daerah agar lebih dikenal dan lebih maju, siapa tahu ada di antara kalian yang melihat YouTube aku jadi tertarik dan syukur-syukur bisa ikut membantu mengembangkan UMKM tersebut," harap Kaisar Kumis.

Balikpapan adalah kota yang pertama dikunjunginya. Di kota itu, Kaisar Kumis mengangkat UMKM pengusaha kopi di salah satu daerah tersebut.

“Alhamdulillah, responsnya baik dan yang punya usaha seneng banget! Sempet sih ownernya mau ngasih amplop tetapi aku tolak, gak enaklah, tujuanku bukan untuk uang, tetapi mempererat silaturahmi," tegasnya.

Rakha Maulana Muhtadi berkecimpung di dunia YouTub awal 2017. Dia memulai kariernya di Youtube di channel Susumu Project.

Sekejap kariernya melejit karena konten kontroversinya dengan jargon Pemersatu Bangsa. Selang satu tahun, karena mulai tidak sepaham dengan timnya, Kaisar Kumis memutuskan untuk pindah dan membuat channel baru bersama tim barunya yaitu Midollovita.

Di channel ini Kaisar Kumis menuai sukses terlihat dari video-video yang viral dengan view jutaan. Namun, masalah pun terjadi lagi, perbedaan paham mulai terulang kembali.

“Hingga akhirnya aku memutuskan untuk solo karier dan menjalankan channel sendiri hingga saat ini. Berat sebenarnya meninggalkan apa yang sudah diperjuangkan bersama teman-teman lama, tetapi mau gimana lagi, daripada mempertahankan perbedaan tujuan ini, lebih baik aku pergi dan jalan sendiri," ungkap Kaisar Kumis. 

Menurut pemuda asal Samarinda tersebut, awal menjadi YouTuber dia tidak didukung orang tua karena konten-kontennya yang dewasa dan hampir vulgar.

“Kedua orang tua aku sempet suruh hapus channel, malu katanya sama keluarga punya anak kontennya kok vulgar dan gak berpendidikan aku berusaha meyakinkan kepada mereka apa yang aku buat di YouTube itu professional dan berbanding terbalik dengan kehidupan. Sekarang aku mencoba terobosan baru dengan konten baru, mulai mengurangi hal-hal yang berbau vulgar, apalagi sekarang udah punya istri, tanggung jawab sama konten juga perlu, makanya aku memutuskan untuk melakukan hal gila tur keliling Indonesia dengan mobil," pungkas Kaisar Kumis. (flo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler