Yovie Ajarkan Kekuatan Kesederhanaan

Minggu, 24 Agustus 2014 – 23:14 WIB
Yovie Ajarkan Kekuatan Kesederhanaan. JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Tak ada yang menyangkal jika Yovie Widianto disebut sebagai salah seorang musisi paling sukses di Indonesia. Meski begitu, keluarga Yovie hidup jauh dari kesan glamor. Sejak awal terjun di dunia hiburan dan bergaul dengan kalangan artis, Yovie berkomitmen untuk tetap hidup sederhana.

”Kesederhanaan itu kunci membuat kita selalu bersyukur. Bersyukur membuat kita bisa menahan diri,” ungkap Yovie bijak.

BACA JUGA: Yovie Widianto, Kisah Cinta Seindah Lagu

Dia biasa memberi anak-anaknya uang jajan yang cukup. Sebagian uang itu pun wajib ditabung. ”Saya selalu mengingatkan anak-anak untuk menghargai pemberian Tuhan. Selalu bersyukur dan menggunakannya dengan efektif,” ujarnya.

Di kamar anak-anaknya, banyak sekali celengan lucu yang digunakan untuk menabung. Yovie mengajarkan mereka bahwa segala sesuatu harus didapat dengan berusaha, tidak asal minta. Salah satunya dengan menabung.

BACA JUGA: Sophia Muller Tampil dengan Rambut Keriting

Namun, dalam mengajarkan hal itu, Yovie tidak memilih metode satu arah. Ayah yang sangat akrab dengan anak-anaknya tersebut lebih senang memberikan pilihan ke anak-anaknya. ”Kalau mulai punya permintaan-permintaan yang belum waktunya, misalnya si sulung mau mobil, saya ingetin mereka bahwa hidup itu nggak semuanya indah,” katanya.

Yovie memberi gambaran daripada punya mobil, tapi banyak susahnya karena belum cukup usia, mending uangnya digunakan untuk hal yang lebih berguna. Dia tidak lupa menyelipkan candaan. ”Papa jalan kaki aja, cewek-cewek masih suka kok sama Papa. Mama aja mau,” ceritanya.

BACA JUGA: Konser di GBK, Suju Malah Bicara “Apa Kabar Malaysia”

Dari situ Yovie bisa menunda keinginan anak pertamanya untuk punya mobil sendiri. Saat Yovie menerima penghargaan atau pujian, saat itu juga momen yang tepat baginya mengajarkan kepada anak sikap rendah hati.

”Saya bilang kalau ayah hanya pemusik yang biasa, tapi karena sesuatu yang luar biasa, ayah jadi bisa seperti ini. Harus rendah hati, ini semua didapat karena luar biasanya Tuhan, karena luar biasanya dukungan orang-orang di sekitar ayah,” katanya, menirukan ucapan yang disampaikan kepada Arsy dan Nadhira.

Bakat musik sebenarnya menurun ke anak-anak Yovie. Arsy sudah bisa bermain keyboard dan coba-coba membuat program musik sendiri. Suaranya juga bagus. ”Banyak sekali yang menawari, apalagi sekarang sedang tren anak artis diorbitkan. Saya bilang, belum waktunya. Arsy utamanya pendidikan, saat ini dia selalu masuk lima besar terus lho,” katanya bangga. (puz/c17/c7/ayi)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kejar Tayang 2015, Mission Impossible 5 Mulai Produksi


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler