YS Penyebar Pertama Foto Hoax Korban Sukhoi di Twitter

Minggu, 13 Mei 2012 – 23:23 WIB

JAKARTA –  Pemerhati telematika, Roy Suryo, menegaskan bahwa foto-foto korban kecelakaan pesawat Sukhoi Superjet (SSJ) 100 yang beredar di internet semuanya palsu (hoax). Ditegaskannya, foto-foto yang tersebar adalah hasil salinan dari sebuah laman (website) yang memuat korban kecelakaan pesawat di Pakistan, 2010 silam.

“Foto korban yang beredar 100 persen palsu,” tegas Roy Suryo saat memberikan keterangan pers di RS Polri Kramat Jati, Jakarta, Minggu (13/5). Hadir pula dalam konferensi pers itu Kepala Pusat Kedokteran dan Kesehatan (Pusdokkes) Mabes Polri, Brigjen Pol Musaddeq Ishaq, Kepala Disaster Victim Identification (DVI) Kombes Pol Anton Castilani, Kepala RS Polri Brigjen Pol Agus Prayitno, Kabid Penum Mabes Polri Kombes Pol boy Rafli Amar dan Kepala Tim Forensik Rusia, Andre Korvolev.

Lebih lanjut Roy menjelaskan, foto-foto yang tersebar itu diambil dari sebuah laman yang asal Brazil yang memuat kecelakaan pesawat di Pakistan pada 2010 silam. “Isi website itu dari sepanjang ilmu yang saya ketahui, memang berisi tentang foto-foto kecelakaan,” katanya.
       
Roy yang juga anggota Komisi I DPR itu menambahkan, foto di laman itu pula yang diambil dan kemudian disebar melalui Twitter. “Foto itu disebar oleh orang yang tidak bertanggungjawab berinisial YS, di akun twitternya,” kata Roy.
       
Sayangnya, kata Roy, akun twitter itu sudah ditutup sebelum 12 Mei 2012 lalu. Namun dia mengaku sudah meng-capture postingan yang membuktikan foto itu telah diunggah oleh pemegang akun twitter yang bersangkutan. “Saya rekap semua buktinya,” ungkap Roy. (boy/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Tak Mudah Temukan Black Box Sukhoi


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler