Yuk Belajar Adat Budaya Betawi di 3 Tempat Wisata ini

Minggu, 24 Februari 2019 – 20:00 WIB
Kampung Betawi di Setu Babakan. Foto: Ist gpswisataindonesia.

jpnn.com - ADAT budaya Betawi sempat dikhawatirkan akan tergerus dengan arus modernisasi ibu kota Jakarta. Namun, jangan khawatir. Anda masih bisa mengetahui budaya Betawi dengan mengunjungi tiga tempat wisata di Kota Jakarta.

Kebudayaan asli betawi masih bisa Anda saksikan saat ini terjaga dengan baik di tiga lokasi ini. Inilah ke-3 tempat wisata budaya tersebut yang perlu Anda kunjungi:

BACA JUGA: Thamrin City Jadi Barometer Industri Batik Nusantara

Kawasan Pusat Perkampungan Budaya Betawi, Jagakarsa

Mengunjungi kawasan Kampung Betawi di Setu Babakan ini, Anda bakal sedikit terhenyak. Pasalnya, tidak tampak sedikit pun hiruk pikuk Kota Jakarta yang modern itu di area ini.

BACA JUGA: Mencicipi Perpaduan Kuliner Betawi dengan Tionghoa di Restoran Arab

Pemandangan rumah-rumah adat dengan nuansa asri tampak di setiap sudutnya. Kuliner khas Betawi serta jajanan di masa lalu pun masih bisa dijumpai di Kampung Budaya ini.

Masih juga rutin diadakan pagelaran seni yang digelar setiap hari Minggu, berupa sajian khas tarian, musik, dan kesenian Betawi.

BACA JUGA: Siswa Ibu Kota Bakal Diwajibkan Pakai Batik Betawi

Wisatawan bisa menikmati destinasi yang sarat dengan budaya ini di kawasan seluas 289 hektar. Sambil berwisata air, pengunjung pun bisa menikmati atmosfer khas asli Betawi yang masih sangat kental di sini.

Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah menjadi sebuah tempat yang tepat untuk berwisata budaya di Kota Jakarta. Di kawasan seluas 150 hektar ini, terdapat anjungan daerah yang mewakili suku bangsa dari 33 provinsi.

Di sini terdapat museum, rumah ibadah, serta wisata budaya lainnya. Pengunjung pun tidak hanya menikmati wahana rekreasi saja, tetapi juga budaya nasional sebagai edukasi bagi pengunjung yang sebagian besar anak-anak.

Selain itu, wisatawan bisa menemukan berbagai suvenir dan cenderamata serta perpustakaan TMII.  Berbagai acara atau pertunjukan budaya di selenggarakan di TMII ini.

Tujuannya adalah untuk mempromosikan potensi keunikan daerah bagi wisatawan seperti pagelaran wayang kulit, parade lagu daerah, serta kesenian anak-anak di anjungan Istana Anak-Anak Indonesia.

Sedangkan di Teater IMAX Keong Emas, pengunjung bisa menyaksikan film-film termasuk film horor.

Kawasan Kota Tua

Rasanya kawasan Kota Tua di Kota Jakarta ini paling kaya akan nilai sejarah dan budaya masa kolonial. Oleh karenanya, para wisatawan baik lokal maupun mancanegara penasaran ingin menyaksikan jejak budaya masa lalu di sini.

Pengunjung bisa mengunjungi berbagai jenis museum seperti museum wayang, museum seni rupa dan keramik, museum bahari, serta museum Bank Indonesia.

Di Museum Wayang ini para wisatawan bisa menyaksikan wayang-wayang asli Indonesia, selain wayang dari negara-negara tetangga. Bila ingin menyaksikan pertunjukan wayang, Anda bisa datang saat pagelaran dilaksanakan di tempat ini secara rutin sebulan sekali.

Nah, itulah tiga tempat wisata budaya Betawi yang ada di Kota Jakarta. Bagi Anda yang berada di luar kota Jakarta dan ingin menjelajahi kota ini, tidak perlu khawatir Anda bisa pesan tiket pesawat ke Jakarta melalui website Airy.

Website Airy menawarkan harga murah khusus untuk Anda, agar Anda bisa jalan-jalan di kota ini, dengan lebih hemat.

Di website Airy terdapat  banyak pilihan maskapai penerbangan untuk mengunjungi berbagai kota di seluruh Indonesia. Salah satu maskapainya adalah Citilink.  

Tiket Citilink ini bisa Anda pesan dengan mudah di website Airy, melalui aplikasi di Android dan iOS dengan harga yang terjangkau.

Jika setelah memesan Anda ingin mengubah jadwal atau membatalkan penerbangan, tiket pesawat bisa di-refund atau di-reschedule.

Pembayaran pun sangat fleksibel, Anda bisa membayar dengan cara bank transfer, kartu kredit bahkan di gerai Indomaret. Tidak perlu khawatir juga karena transaksi di Airy pasti bebas dari penipuan. (flo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler