Yuk, Kenali Sosok di Balik Sumpah Pemuda Melalui Pameran Lawan!

Kamis, 28 Oktober 2021 – 06:30 WIB
Pameran Lawan! di M Bloc Space, Blok M, Jakarta Selatan akan berlangsung hingga 31 Oktober nanti. Foto: Dokumentasi Kemenparekraf

jpnn.com, JAKARTA - Pameran dengan tema Lawan! digelar untuk merayakan Hari Sumpah Pemuda 2021.

Kegiatan yang dilaksanakan Museum  Sumpah Pemuda (Muspada) secara luring itu diselenggarakan di M Bloc Space, Blok M, Jakarta Selatan pada 22-31 Oktober nanti.

BACA JUGA: Cek di Sini! 3 Destinasi Primadona Bali yang Siap Dikunjungi

Melalui agenda rutin tahunan itu, Muspada ingin mengedukasi masyarakat agar mengenal lebih dekat lagi sosok di balik Sumpah Pemuda.

"Tema Lawan! menggambarkan perlawanan para pemuda saat itu yang tidak hanya berjuang secara fisik, tetapi juga melalui tulisan-tulisan yang mengobarkan semangat kesatuan demi Indonesia merdeka," kata Susilowati Tri Handayani, ketua pameran.

BACA JUGA: Yuk, Jelajahi Surga Tersembunyi di Tengah Danau Sentani!

Di Pameran Lawan!, kita bisa mengenali siapa saja sosok di balik Sumpah Pemuda. Foto: Dokumentasi Kemenparekraf.

BACA JUGA: PON XX Segera Berakhir, Jangan Lupa Singgah ke Gerai Honai Papua

Pameran ini menampilkan berbagai foto yang berkaitan dengan sejarah tokoh pers, replika koran-koran, dan majalah yang terkait dengan sejarah.

Ada juga video dokumentasi dan ilustrasi mahasiswa pada masa itu dalam bentuk maneken pria yang sedang membaca koran.

Pameran Lawan! memeriahkan Hari Sumpah Pemuda 2021 akan berlangsung hingga 31 Oktober nanti. Foto: Dokumentasi Kemenparekraf.

Ini menggambarkan media cetak sebagai media komunikasi yang paling banyak digunakan para pemuda dan mahasiswa pada saat itu.

Beberapa informasi terkait tokoh pejuang Sumpah Pemuda juga ditampilkan seperti Abdul Rivai, Tiga Serangkai, Sartono, Tabrani, Dr Mohammad Amir, Mohammad Yamin, Soegondo, Katjasoengkana, Adinegoro, Sumanang, dan Sanoesi Pane.

Anda bisa langsung datang ke lokasi pameran dan tidak perlu mendaftar terlebih dahulu.

Namun, pastikan sudah memiliki aplikasi PeduliLindungi untuk check in saat ingin memasuki area pameran.

Pameran Lawan! bisa menambah wawasan khususnya generasi muda tentang sejarah Sumpah Pemuda. Foto: Dokumentasi Kemenparekraf.

Jika ingin mengakses secara daring, bisa mengunjungi www.pameranlawan.com yang berlangsung dari 22 Oktober hingga 30 November.

Pameran ini cukup menarik minat pengunjung, khususnya dari kalangan generasi muda. Salah satunya Icha yang mengaku sangat senang dengan adanya pameran ini.

"Aku bisa nambah wawasan tentang sejarah Sumpah Pemuda. Enggak cuma tahu dari media sosial aja, tapi bisa membacanya secara langsung," kata Icha, seorang pengunjung.

Penerapan prokes yang ketat juga membuat pengunjung yang hadir merasa sangat nyaman, seperti dirasakan Ilham.

Jika ingin berkunjung melihat langsung Pameran Lawan! di M Bloc Space, pastikan Anda sudah divaksin dan terkonfirmasi di aplikasi PeduliLindungi. Foto: Dokumentasi Kemenparekraf.

"Prokesnya sudah sesuai dengan aturan pemerintah, seperti bermasker dan jaga jarak. Mau masuk juga selain cek suhu, harus check in pakai PeduliLindungi juga," ujar Ilham.

Jadi bagi yang ingin berkunjung ke M Bloc Space, pastikan Anda sudah vaksin dan terkonfirmasi di aplikasi PeduliLindungi.

Jangan lupa untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dengan menerapkan 6M, mulai dari menggunakan masker dengan benar, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan, membatasi mobilitas, dan menghindari makan bersama.

Informasi mengenai destinasi wisata #DiIndonesiaAja dan rekomendasi #BeliKreatifLokal bisa Anda dapatkan dengan cara follow akun Instagram: @pesonaid_travel , Facebook : Pesonaid_travel, dan kunjungi website www.indonesia.travel.

Sembari menyusun bucket list liburan, kamu juga bisa ikutan PUKIS atau Pesona Punya Kuis setiap Selasa di setiap pekannya.

Caranya? Follow akun Instagram @pesonaid_travel, lalu like postingan terbaru PUKIS pada feed.

Jawab pertanyaan di kolom komentar dan jangan lupa mention juga 3 temanmu untuk ikutan kuis ini, ya! Raih beragam hadiah menarik dari Pesona Indonesia. Yuk, ikutan! (mrk/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Intip Pesona 4 Venue Pertandingan PON XX Papua yang Memukau


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler