Yuk Tata Ulang Tas Kosmetik Anda

Sabtu, 01 Juni 2013 – 11:40 WIB
BANYAKNYA produk bagus yang beredar di pasaran, membuat kita untuk selalu ingin membeli dan menumpuknya begitu saja. Kosmetik yang terlalu lama disimpan bisa memberikan efek yang berbahaya. Bisa jadi awalnya mampu mencerahkan kulit, namun jika disimpan terlalu lama malah bisa merusak kulit, mengeluarkan aroma yang menyengat serta menyebarkan bakteri.

“Di saat telah melewati batas waktu, bahan kimia dalam sebuah produk tak lagi bekerja secara optimal dan kemungkinan besar muncul jamur dan ragi yang mencemari produk tersebut,” kata Francesca Fusco, seorang dermatologis asal New York. Ayo, tata ulang dan update isi tas kosmetik Anda.

Usahakan untuk selalu mendahulukan yang lebih penting. Menurut Pat McGrath, Global Creative Design Director dari Procter & Gamble, “Berikut adalah perlengkapan makeup penting yang harus ada di dalam tas kosmetik Anda, yaitu: alas bedak, concealer, bedak, bronzer atau perona pipi, eyeshadow, lipstik favorit, dan maskara.

Dengan berbekal kertas contekan ini, mari kita menghitung mundur dan ingat kembali kapan pertama kali Anda membuka produk tersebut dari kemasannya. Dan singkirkan yang sudah kadaluwarsa.

Berikut tips Wendy Schmid yang ditulisnya melalui The Style Glossy. Yuk!

Alas Bedak: Enam Bulan hingga 18 Bulan

Di daerah beriklim panas dan lembap, alas bedak cair atau krim dapat rusak setidaknya dalam waktu enam bulan. “Buang alas bedak jika terdapat bagian yang memisah atau bagian cairnya mulai menggumpal,” kata penata rias selebritas, Sue Devitt. Simpan di tempat sejuk (bukan di bawah lampu lemari obat), maka alas bedak cair dapat tetap segar selama satu tahun.

Alas bedak yang berformula powder, setidaknya bisa bertahan enam bulan  lebih lama daripada waktu kadaluwarsa yang ditetapkan. Asal rajin mencuci sponge setiap seminggu sekali.

Tips: Cium aroma alas bedak ketika membeli. “Jika aromanya berubah, segera singkirkan,” saran penata rias selebritas Joanna Schlip, yang berpengalaman merias Sarah Jessica Parker dan Sandra Bullock. “Tak ada gunanya mempertahankan produk yang bisa menyebabkan kulit berjerawat.”

Concealer: Enam Bulan hingga Satu Tahun
Bedak dan concealer stik dapat bertahan setahun. Berbeda dengan concealer cair, produk ini harus diperbarui setelah enam bulan. Sekali lagi, perhatikan perubahan warna, kepekatan, atau aromanya.

Bedak Padat: Hingga Dua Tahun
Saat Anda melakukan touchup, kandungan air atau minyak alami dari wajah dapat berpindah ke bedak padat. Untuk menghindari hal tersebut, bersihkan spons dengan sikat lembut setiap seminggu sekali. Gunakan sabun lembut atau cairan khusus pembersih peralatan makeup. Kalau sudah tampak sangat kotor, segera ganti dan beli yang baru. Meski bedak padat dapat bertahan selama dua tahun, segera buang jika muncul lapisan keras pada permukaannya. Ya, hal ini bisa terjadi sebelum tiba masa kadaluwarsa, ujar Schlip.

Perona Pipi/Bronzer: Enam Bulan hingga Dua Tahun
Bronzer atau perona pipi yang berbentuk powder akan mengeluarkan warna murni dan asli hingga dua tahun. Sementara, perona pipi cair atau bronzer memiliki masa kadaluwarsa selama 12 bulan. Perona pipi atau bronzer krim sering dikemas dalam pot, membuat Anda harus menggunakan jemari untuk mengaplikasikannya. Jadi, cermati perubahan teksturnya setelah enam bulan dan segera buang setelah satu tahun.

Eye Shadow Bubuk: Hingga Dua Tahun
Seperti bedak, eyeshadow bentuk bubuk dapat disimpan selama dua tahun. “Tapi kita harus selalu memerhatikan kebersihannya,” kata Fusco. “Jadi Anda tidak mengambil bakteri yang berasal dari area lembap dan mengembalikan ke wadahnya.”

Eyeliner Cair: Tiga Bulan hingga Satu Tahun
Jika eyeliner Anda sudah mengering dan tak lagi bisa menciptakan efek cat-eye nan seksi ala Bardot, berarti Anda sudah harus segera mengucapkan selamat tinggal dan membuangnya ke tempat sampah. Hal ini biasa terjadi setelah pemakaian tiga bulan. Akan tetapi, eyeliner bisa digunakan secara aman selama satu tahun penuh. “Eyeliner yang masih bagus adalah ketika Anda dapat memulaskannya dengan mulus,” kata Schlip.

Pensil Mata: Satu hingga Dua Tahun
Kabar baik, pensil mata dapat bertahan lebih lama. “Sebagian besar produk jenis ini  berbahan dasar lilin dan bakteri tak dapat tumbuh pada lilin,” ujar Devitt. Tips: Raut tiap seminggu sekali agar pensil tetap segar.

Maskara: Tiga hingga Enam Bulan
Saat mascara dibuka dan seketika tercium aroma tak sedap atau bulu sikat yang mengering, inilah saat yang tepat untuk mengganti produk ini. “Maskara adalah media yang paling digemari bakteri untuk berkembang biak," jelas Fusco, "Penyebabnya, maskara dipakai begitu dekat dengan selaput lendir di bawah dasar bulu mata."

Lipstik: Hingga Dua Tahun
Lipstik bernuansa merah pekat dan merah menyala untuk perhelatan gala dinner yang glamor, hanya bisa bertahan aman selama 2 kali Malam Tahun Baru atau hari Valentine.  Lipstik menggunakan bahan dasar wax.

Lip Gloss: Satu Tahun
Dengan seringnya pemakaian, lip gloss warna favorit Anda mungkin bertahan kurang dari setahun saja!

*) Wendy Schmid,  mantan editor kecantikan majalah Vogue. (fuz/jpnn)


</b></div></body></html>

BACA ARTIKEL LAINNYA... Informasi Penting Seputar Facial

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler