Yuyun Mardojo Bangkit dari Keterpurukan, Kini Bisnis Kuliner Kue Berbahan Sayuran

Sabtu, 09 Oktober 2021 – 15:25 WIB
Wakil Wali Kota Batu Panjul Santoso saat mencicipi kue berbahan sayur buatan Yuyun Mardojo di Jatim Fair 2021. Foto: Dok. Pribadi Yuyun

jpnn.com, SURABAYA - Seorang chef hotel di Bali terkena PHK akibat dampak pandemi. Namun, dia bisa bangkit dari keterpurukan dengan membuat diferensiasi bisnis kuliner kreasi kue sehat berbahan dasar sayuran. 

Chef itu ialah Yuyun Mardojo. Hasil kreasinya dipamerkan di stan UKM Binaan TJSL PT SIER dalam acara Jatim Fair 2021.

Yuyun pengin memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa dari bahan sayuran bisa menjadi kue enak. Khususnya untuk anak-anak yang tidak menyukai sayur-sayuran. 

"Jadi, saya alihkan menjadi suka sayur dengan mengonsumsi healthy cake berbahan bayam dan wortel," kata Yuyun, Sabtu (9/10).

Mantan juru masak hotel ternama di Sanur itu mengawali ide bisnisnya di 2020. Awalnya, dia mencoba menjual kue kreasinya di Bali setelah di-PHK, tetapi respons pasar kurang memuaskan.

''Selama pandemi, kondisi di Bali saat itu sangat terpuruk, " ujar dia. 

Kondisi terpuruk itu akhirnya membuat Yuyun kembali ke kampung halaman di Surabaya untuk mencoba berjualan kue sehat terebeut. Selama setahun mencoba memasarkan lewat online dia mulai melihat perkembangan. 

"Saya pasarkan lewat Instagram @oemahlegitdps. Ada yang penasaran apa carrot cake tersebut, setelah dicoba banyak yang suka ternyata," ucap dia. 

Yuyun optimistis kreasi bisnis kuliner yang diberi merek Oemah Legit Denpasar itu akan mendapat tempat di hati konsumen. 

Saat dipamerkan dalam Jatim Fair 2021, kue milik Yuyun sempat dicicipi Wakil Wali Kota Batu Panjul Santoso dan mendapatkan apresiasi atas kreasi yang dibuatnya. 

"Ini merupakan hal luar biasa. Di samping menciptakan lapangan pekerjaan, juga memberikan nilai tambah dari produk petani sayuran dana buah," kata dia. 

Punjul menyampaikan keinginan untuk kerja sama antara Pemkot Batu, Pemkot Surabaya, dan PT SIER agar nilai pasar wortel dan susu hasil petani bisa tetap stabil.

"Ini bagus, apresiasi untuk PT SIER yang membina UMKM model begini. Kita harus bergandengan tangan untuk bertahan dari krisis ekonomi akibat pandemi," tutur Panjul. (mcr12/jpnn)

BACA JUGA: Ahmad Muzani: Vaksinasi di Sulsel untuk Rakyat Sehat dan Negara Kuat


Redaktur : Natalia
Reporter : Arry Saputra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler