Zeekr Siap Boyong 2 Mobil Listrik Mewah ke Indonesia, Intip Spesifikasinya

Kamis, 06 Juni 2024 – 09:48 WIB
Zeekr 009. Foto ANTARA/X/Zeekr

jpnn.com, JAKARTA - Pabrikan kendaraan listrik asal Tiongkok, Zeekr mengumumkan akan memboyong dua mobil listrik di kelas multi purpose vehicle (MPV) dan sport utility vehicle (SUV) di Indonesia.

Kedua mobil listrik itu ialah Zeekr X dan Zeekr 009. Mobil listrik itu disebut akan menyasar segmen mobil listrik premium alias mewah.

BACA JUGA: Zeekr Resmi Cari Peruntungan di Pasar EV Indonesia, Sasar Konsumen Premium

Berdasarkan situs resmi, Zeekr 009 menjanjikan jarak tempuh hingga kisaran 800 km (standar CLTC).

Sementara itu, Zeekr X, yang disebut mirip Volvo XC40 atau BMW iX1 diklaim mampu menembus jarak tempuh hingga 446 km untuk varian Long Range RWD.

BACA JUGA: Berekspansi, Zeekr Siapkan Sedan Listrik Pertama Berteknologi LiDAR

Zeekr X memiliki tenaga 315 kW (428 hp) dan torsi 543 Nm.

Tenaga itu dihasilkan oleh sistem motor ganda, yang memungkinkan akselerasi 0-100 km/jam hanya dalam waktu 3,8 detik.

BACA JUGA: MPV Listrik Zeekr 009 Mengaspal, Fitur dan Baterainya Spesial

“Zeekr memastikan keamanan struktural dan mendukung sistem bantuan pengemudi yang canggih. Tujuh kantung udara, balok anti-tabrakan internal, dan sistem keselamatan terdepan di industri memberikan perlindungan 360 derajat,” tulis keterangan situs resmi Zeekr.

Di dalam kabin mobil itu terdapat layar sentuh berukuran 14,6 inci, panel instrumen 8,8 inci, dan layar head-up augmented reality 24,3 inci yang besar.

Hal ini memungkinkan pengemudi memantau informasi dengan nyaman, cerdas, dan aman dalam setiap situasi berkendara.

Zeekr 009 merupakan MPV pertama di dunia yang dilengkapi dengan kisi-kisi depan yang cerdas dengan sistem lampu yang dapat disesuaikan sesuai keinginan pengemudi.

Mobil ini memiliki bilah lampu belakang terintegrasi sepanjang 1,47 m, menambah pernyataan gaya yang berani dan meningkatkan estetika unik ZEEKR 009.

Zeekr 009 menciptakan ruang interior yang luas. Di ruang interior seluas 7,4 meter, mobil itu bisa meredam kebisingan saat melaju dengan kecepatan 120 km/jam, klaim Zeekr.

MPV berbadan besar ini memiliki spesifikasi panjang 5.209mm, lebar 2.024mm, dan tinggi 1.848mm, dengan jarak sumbu roda 3.205mm.

Zeekr 009 memiliki pilar A yang tersembunyi dan jendela kaca melengkung, menciptakan tampilan depan yang lebih indah sekaligus mencapai kesatuan fungsionalitas dan estetika.

Dilengkapi sistem penggerak empat roda cerdas yang terhubung ke 6 ECU utama dan beberapa sensor di seluruh kendaraan, Zeekr 009 diklaim dapat beralih antara penggerak dua roda dan penggerak empat roda dalam 0,4 detik.

Selain itu, mobil mewah tersebut disematkan tujuh buah kamera HD 8MP, empat kamera surround view 2MP, dan satu radar gelombang milimeter jarak 250m.

Daya puncak mobil ini mencapai 400kW, dan motor belakangnya mengandung teknologi silikon karbida SiC dengan efisiensi maksimum 98,5 persen.

Belum disebut harga untuk kedua produk ini di Indonesia.

Namun di Singapura Zeekr X dilego dengan estimasi harga Rp 818 juta hingga Rp 1 miliar.

Di China, Zeekr 009 ditawarkan dengan kisaran Rp 1,7 miliar. (Antara/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dokter Mobil Indonesia Menghadirkan Bengkel Spesialis Mobil Listrik dan Hybrid


Redaktur & Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler